Sakit magh, GERD dan infeksi lambung

EM Info Penanya: EM, Pria, 2019 Tahun
Aku sakit mahg ger,infeksi lambung,resep obatx apa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, EM

Sakit maag atau disebut dispepsia adalah kumpulan gejala mual disertai muntah, perut kembung dan nyeri ulu hati akibat peningkatan asam dan iritasi lambung.

Sementara GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah keadaan reflux asam lambung yang mengiritasi esofagus atau saluran makan akibat lemahnya sphingter esofagus bagian bawah yang tidak menutup sempurna. Kondisi kelemahan penutupan spingter tersebut terkait beberapa masalah seperti alkohol, kegemukan, stress dan alkohol. Gejala GERD mirip sindrom dispepsia namun cenderung disertai nyeri ulu hati, mulut asam, sendawa, cepat kenyang, mual dan terkadang disertai batuk kronik akibat iritasi asam yang naik hingga saluran nafas bagian atas. Yang paling ditakutkan dari GERD adalah iritasi asam terhadap lapisan mukosa esofagus sehingga menyebabkan luka yang dapat memicu kanker esofagus.

Untuk infeksi lambung atau gastritis adalah peradangan lapisan mukosa lambung akibat rusaknya lapisan tersebut, kerusakan diawali oleh infeksi bakteri Helicobacter pilory bersamaan asam lambung. Gejala yang terjadi hampir mirip dengan dyspepsia ataupun GERD, namun dapat disertai muntah hitam berdarah.  

Untuk tatalaksana biasa diberikan obat penetral asam lambung seperti golongan antasida, golongan PPI atau sucralfat. Namun untuk eradikasi bakteri H.pilory diperlukan pemberian beberapa kombinasi antibiotik oleh dokter.

Untuk pencegahan, anda saya sarankan untuk menghindari makanan asam dan pedas, jangan stress, olahraga untuk menurunkan berat badan pada obesitas, menghindari rokok dan alkohol, jangan sering terlambat waktu makan. 

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) bahkan pada beberapa kondisi perlu dilakukan endoskopi untuk melihat kondisi saluran makan hingga lambung.

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah alpukat tidak akan memicu naiknya asam lambung

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Ada beberapa jenis buah untuk asam lambung yang aman maupun yang tidak bersahabat. Sebaiknya, hindari buah-buahan yang bersifat asam.