sakit magh dan kesakitan saat makan jeruk

FP Info Penanya: FP, Pria, 2019 Tahun
Dok bpk saya menderita pnyakit maag,tpi dok dia makan jeruk padahal udh aku larang skrng dia saat ini kesakitan dok, dok tolong bantu saya dok, apa yg harus sya lakukan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FP

Sakit magh terjadi akibat peningkatan produksi asam lambung, berbagai faktor pencetus adalah kebiasaan telat makan, sering konsumsi makanan yang asam, kegemukan, stress, infeksi bakteri helicobater pilory. 

Jika memiliki riwayat magh maka tidak disarankan untuk memakan makanan yang asam karena akan membuat perih ulu hati dan mual muntah. 

Saya sarankan agar menghindari makanan asam, hindari stres, dan jangan terlambat makan. Untuk mengurangi gejala biasanya dokter akan memberikan terapi ppi omeprazol, antasida, sucralfat dan prokinetik. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pola makanan untuk penderita asam lambung naik perlu diperhatikan agar bisa mencegah GERD

Cegah GERD dengan Makanan untuk Penderita Asam Lambung Naik

Penderita penyakit asam lambung naik atau GERD sebaiknya mengonsumsi jenis makanan yang bisa membantu dalam mengendalikan produksi asam di lambung. Deretan makanan untuk penderita asam lambung naik bisa meliputi putih telur, jahe, sayuran, dan banyak lagi.