12 Jun 2021, 17:19Perut

Kenapa maag akut dapat memicu GERD ?

BK
Info Penanya: BK, Pria, 23 Tahun
Dok, saya adalah penderita maag akut, selama sebulan ini belum sembuh, nyeri perut membaik, namun nyeri dada kanan dan kiri (bergantian) belum membaik. Apa beda gerd dan maag ? Saya tidak sesak, saturasi oksigen 95 dan nadi 65. Saya sudah ke IGD, dan diberi obat analsik, lansoprazole,braxidin yang diracik dengan pamol. Sebelum ke IGD pernah ke dokter umum dan diberi isoprinosine. Namun setelah ke IGD disuruh stop dulu obat itu. Dan sekarang obat dari IGD habis, apakah boleh isoprinosine saya minum kembali? Apa obat isoprinosine itu? Apa boleh diminum orang yg tak sakit?
780 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, B.Maag dapat dialami oleh setiap orang dengan kumpulan gejala perasaan tidak enak di ulu hati, terasa penuh, sesak, sendawa, mual dan muntah. Maag yang tidak diobati dengan baik akan memicu asam lambung naik, merusak dan mengiritasi esofagus sehingga menimbulkan perasaan terbakar dan nyeri dada (heartburn) yang disebut dengan GERD. 

Apa penyebab maag yang memicu GERD ?

Anda yang awalnya maag akut dengan gejala sesak tetapi saturasi dan tekanan nadi baik dapat disebabkan oleh beberapa faktor sehingga memicu GERD antara lain :
  • Pola makan tidak baik, telat makan, makan pemicu asam lambung.
  • Kebiasaan berbaring segera setelah makan.
  • Stress dan kecemasan yang memicu asam lambung.
Obat analsix dan braxidin merupakan obat nyeri yang dapat mengatasi rasa cemas. Sedangkan pamol merupakan obat nyeri yang mengandung parasetamol. Obat isoprinosine adalah obat yang mengandung methisoprinol sebagai antivirus dan kondisi pasien dengan imun yang kurang baik.Sebaiknya Anda stop obat-obatan yang ada, konsumsi antasida sebelum makan sebanyak 3 x 1 tab. Tidak usah konsumsi obat isoprinosine kembali. Atur pola makan Anda, atasi stress dan jalani pola hidup sehat. Konsultasi ke dokter penyakit dalam jika maag dan GERD Anda tidak membaik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gerddispepsiapola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil