Radang sendi, bagaimana cara mengobatinya?

SU Info Penanya: SU, Pria, 67 Tahun
Istri saya nyeri sendi tapi masih bisa jalan tapi pelan pelan, kata dokter ortopedi perlu dioperasi karena rawan sendinya sudah habis, kami memilih untuk menghindari operasi dan berencana akan berobat ke dokter spesialis rematik, pertanyaannya apakah ini akan mengatasi persoalan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Radang sendi atau dalam istilah medis disebut dengan osteoartritis merupakan peradangan pada sendi yang sudah terjadi lama atau kronis. Keadaan ini menyebabkan bagian sendi kaku, bengkak dan sakit jika di gerakan. Penyakit ini bisa menyerang bagian sendi tangan, kaki, pinggul, lutut, dll.

Penyebab osteoartritis adalah usia yang sudah memasuki lansia, mengalami berat badan berlebih, cedera, aktivitas yang terlalu berat, riwayat di keluarga atau lainnya.

Gejala yang sering muncul pada osteoartitis adalah bengkak pada sendi, suara pada sendi ketika digerakkan, melemah atau berkurangnya masa di otot, munculnya tonjolan tulang, hingga bengkoknya jari tangan.

Untuk mencegah keluhan osteoartitis yang dapat dilakukan :

  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Melakukan aktifitas fisik yang tidak terlalu berat
  • Olahraga ringan dan teratur seperti rileksasi atau yoga 
  • Istirahat cukup minimal 6-8 jam sehari
  • Makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Konsumsi air putih minimal 2 liter / hari

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, boleh saja Anda melakukan second opinion ke dokter rheumatologi setelah Anda melakukan pemeriksaan ke dokter orthopedi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Glukosamin dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang rawan serta mengatasi berbagai gangguan inflamasi kronis

Glukosamin Adalah Suplemen yang Dibutuhkan Tulang dan Sendi, Apa Manfaatnya?

Selain diproduksi secara alami dalam tubuh, glukosamin juga bisa didapat dengan meminum suplemen atau obat. Meskipun mempunyai banyak manfaat, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi obat glukosamin.