18 Aug 2020, 17:29Jantung

Dada dan lengan kiri sakit, angina atau bukan?

UC
Info Penanya: UC, Pria, 28 Tahun
Assalamualaikum dok saya mau nanya. Lengan kiri atas saya sakit linu dan pegal sampai2 saya panuk gejala jantung tapi kegiatab sehari2 biasa saja dok. Kerja, terus jalan kaki, tapi suka sakit dan pegal membuat saya panik sehingga dada sakit dan keringet. Apakah ini benar gejala sakit jantung apa angina?
2134 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, UC.Angina pectoris adalah suatu kondisi nyeri dada, yang disebabkan oleh berkurangnya aliran oksigen ke jantung. Angina seringkali digambarkan sebagai nyeri yang menusuk atau menembus ke punggung, dan rasa nyerinya bisa menjalar ke lengan kiri, bahu, rahang, maupun dagu. Rasa nyeri tersebut bisa dipengaruhi oleh aktivitas maupun tiba-tiba, tergantung jenisnya.

Dua jenis angina yang saat ini dikenal adalah:

  • Stable angina pectoris, yaitu nyeri dada yang biasanya muncul ketika beraktivitas berat atau dalam kondisi stres. Rasa nyeri tersebut bisa hilang dengan beristirahat atau obat-obatan tertentu, dan berlangsung tidak lebih dari lima menit.
  • Unstable angina pectoris, yaitu nyeri dada yang bisa muncul sewaktu-waktu tanpa dipengaruhi aktivitas. Rasa nyeri biasanya lebih berat, dan meningkat dari waktu ke waktu.
Apabila Anda merasakan hal seperti itu, ditambah lagi dengan keringat dingin yang timbul, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, misalnya EKG, treadmill test, maupun laboratorium enzim jantung. Setelah diketahui secara pasti hasil pemeriksaan, baru dapat disimpulkan apakah yang Anda alami angina atau bukan.Untuk menjaga kesehatan jantung, batasilah konsumsi makanan yang digoreng dan mengandung lemak jenuh. Lakukan olahraga secara rutin agar aliran pembuluh darah senantiasa lancar. Selain itu, hindari rokok maupun asapnya, karena dapat memicu pembentukan plak pada dinding pembuluh darah. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit jantunganti-anginaangin duduk
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil