Sakit lengan kiri apakah gejala penyakit?

AN Info Penanya: AN
Dok, akhir akhir ini ( mngkn udah sebulanan),lengan kiri saya sakit terus-menerus saat mengangkat sesuatu yg tidak terlalu berat, misalnya angkat mug yg berisi minuman ke mulut gitu. Titik rasa sakit kadang berpindah, bahkan pernah pindah ke tangan kanan. Dok, apakah ini gejala suatu penyakit? Mohon bantuan Dokter untuk menjawab pertanyaan saya. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AN,

Sakit pada lengan kiri adalah satu gejala yang bisa timbul karena gangguan baik pada lengan itu sendiri ataupun jaringan disekitarnya seperti misalnya di tulang belakang, bahu ataupun area sekitar. Gangguan bisa timbul baik pada sendi, tulang, otot, ataupun persarafan. Penyebabnya sendiri bisa karena gerakan yang tidak baik, benturan, tekanan ataupun disebabkan adanya penyakit lain seperti misalnya peradangan sendi.

Jika nyeri dirasakan hampir lebih dari 1 bulan ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis saraf untuk memastikan penyebabnya. Nantinya akan dilakukan tanya jawab tentang keluhan yang dialami, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen, USG, ataupun pemindaian dengan MRI jika memang diperlukan.

Upayakan tidak mengangkat beban berat baik pada lengan atau bahu, hindari posisi tubuh yang kurang baik, lakukan peregangan ringan, kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat, bisa juga gunakan obat pereda nyeri baik minum atau oles. Perhatikan juga posisi saat beraktivitas atau saat tidur agar tidak membebani lengan yang terasa nyeri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain mengecek gangguan kepribadian, tes psikologis dapat dilakukan untuk pekerjaan dan edukasi

Dapatkah Tes Psikologi Mendiagnosis Gangguan Kepribadian?

Tes psikologi identik dengan diagnosis gangguan kepribadian, tetapi sebenarnya terdapat manfaat lain. Melalui tes psikologis, Anda dapat mengetahui masalah yang dialami dan potensi diri. Saat ini pun tes psikologis memiliki berbagai jenis, misalnya tes psikologi untuk pekerjaan, kesehatan, dan edukasi.