20 Dec 2020, 02:25Penyakit Lainnya

Bagaimana mengatasi nyeri pada leher?

AF
Info Penanya: AF, Wanita0
Permisi Doc. Saya ingin bertanya, kemaren waktu saya mandi saya tergilir doc dibagian leher belakang agak ke kiri. Jadi saya tengok ke kiri rasanya sakit banget doc. Trus saya balik ke kanan juga sakit doc. Saya merasa sakit banget kalo dibuat bergerak doc. Apa yang saya lakukan doc. :( Sekian terimakasih
670 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, AFTerima kasih atas pertanyaannya.Nyeri pada leher yang menyebabkan sulit digerakkan tentu akan menganggu aktivitas.  Kondisi ini dapat disebabkan dari mulai penegangan otot hingga gangguan pada saraf.  Selain nyeri, akan terasa seperti tertarik dan terkadang menimbulkan sakit kepala.

Penyebab sakit leher :

  • Otot leher yang menegang.
    Hal ini dapat terjadi ketika salah posisi atau ada gerakan yang mendadak sehingga akan menyebabkan leher kaku dan menjadi sakit akibat tegangan otot.
  • Saraf terjepit
    Penonjolan yang menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang yang terletak di belakang leher dapat menimbulkan nyeri pada leher. Selain itu, nyeri dapat menjalar ke bahu hingga lengan disertai rasa panas, kebas, serta kesemutan.
  • Riwayat cedera pada leher sebelumnya.
Adanya gerakan yang salah memang dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian tersebut karena kemungkinan ada otot yang menegang sehingga menimbulkan nyeri.  Biasanya kondisi ini memerlukan waktu sekitar seminggu untuk membaik.

Penanganan awal nyeri pada leher :

  • Beri kompres hangat dan dingin bergantian pada bagian yang sakit untuk meredakan.
  • Lakukan gerakan peregangan dengan perlahan dan tidak dipaksa.
  • Sementara ini sangga leher jika duduk atau berbaring.
  • Konsumsi parasetamol jika nyeri tidak tertahankan.
Apabila sudah melakukan penanganan awal dan nyeri leher tetap tidak membaik sebaiknya periksa dokter guna dilakukan pemeriksaan lanjutan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kram ototsaraf terjepitsakit leher
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil