Sakit lambung gk sembuh

DS Info Penanya: DS, Pria, 2019 Tahun
doktr saya ingin bertanya.. saya sudah lama sakit lambung gk sembuh2 obat nya bagamana ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Keluhan mual, muntah, perut terasa kembung dan nyeri ulu hati disebut sebagai sindrom dispepsia yang merupakan keluhan paling sering dialami pasien dengan masalah lambung. Keluhan ini terjadi akibat peningkatan asam lambung yang mengiritasi lapisan mukosa lambung. Selain itu juga dapat terjadi akibat adanya refluks asam lambung yang mengiritasi saluran makan esofagus akibat pelemahan sphingter/katub esofagus-lambung. 

Pada keluhan gangguan lambung yang sering berulang harus dicari tahu penyebab utama apakah akibat infeksi Helicobacter pilory yang menginfeksi lambung, akibat kelemahan katub esofagus-lambung, stress atau depresi yang dialami pasien, riwayat konsumsi obat tertentu, riwayat konsumsi jamu, alkohol, merokok,  sering terlambat makan atau adanya kelainan pada organ tubuh lambung yang mendasari seperti tumor.

Biasanya kalau lambung bisa ditangani dengan pengaturan pola makan yang baik, hindari makanan pedas, asam, hindari rokok, hindari alkhol, jangan terlambat makan, hindari stress, lakukan olahraga. Selanjutnya keluhan bisa di kontrol dengan baik menggunakan obat golongan ppi yang menekan asam lambung, selain itu juga terdapat golongan antasida, sucralfat, prokinetik. Namun jika terdapat infeksi helicobacter pilory mungkin perlu tambahan antibiotik oleh dokter.

Saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) untuk menemukan penyebab keluhan lambung anda.

Salam sehat

dr. Zulham

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala asal lambung naik yang paling umum terjadi adalah heartburn

Kenali 7 Gejala Asam Lambung Naik agar Bisa Diatasi dengan Tepat

Gejala asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD) bisa ringan dan parah. Mulai dari heartburn, mulut terasa asam, rasa pahit di belakang mulut, kesulitan menelan, hingga batuk-batuk. Meski tidak bisa disembuhkan, GERD bisa dikendalikan agar tak terus mengganggu penderitanya.