Nyeri buang air kecil, kenapa?

MR Info Penanya: MR, Pria, 30 Tahun
Istri saya berumur 28 th dokKetika buang air kecil ketika mau habis sakit luar biasa dan setelah itu buang air kecil sebentr bentar apakah ini termasuk infekzi saluran kemihTerima kasih atas jawabannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MR.

Buang air kecil adalah proses alami yang terjadi dalam tubuh manusia. Cairan yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut akan diproses di ginjal, kemudian dialirkan melalui ureter, disimpan sementara di kandung kemih, dan ketika sudah cukup penuh akan dikeluarkan melalui uretra. Proses buang air kecil yang normal tidak menimbulkan nyeri sama sekali.

Pada kasus istri Anda, yaitu nyeri berkemih, bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, atau perlukaan pada uretra. Perlu diperhatikan gejala-gejala yang lain yang ada, seperti demam, nyeri pinggang, kencing berdarah, dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis urologi. Jika perlu, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan urine rutin.

Untuk sementara, lakukan hal berikut di rumah:

  • Konsumsi air putih yang cukup
  • Hindari minuman berkafein atau bersoda untuk sementara
  • Jika banyak duduk, usahakan berdiri dan berjalan-jalan setiap 30 menit. Sehingga apabila nyerinya disebabkan oleh batu berukuran kecil, akan ada kemungkinan luruh dengan sendirinya.
  • Kurangi konsumsi protein hewani untuk sementara, karena bisa memperberat kerja ginjal

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.