Sakit kepala tiba tiba dan bangun dari duduk atau dari tidur sering tidak seimbang ingin jatuh

R Info Penanya: R, Pria, 15 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya, terkadang kepala saya suka sakit tiba tiba lalu hilang dok, dan terkadang jika saya bangun dari duduk, atau bangun dari tiduran, saya suka tidak seimbang dan ingin jatuh, apakah mungkin itu karena stress, karena saya kepikiran terus dok, dan apakah ini mungkin kanker? terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R

Ada beberapa jenis sakit kepala seperti nyeri kepala tension seperti di ikat menjalar ke leher belakang, selain itu juga ada nyeri migrain yang berdenyut di sebelah sisi kepala dan nyeri kepala cluster yang terjadi disekitar mata. Sakit kepala tersebut dapat dicetuskan oleh stress seperti pekerjaan penuh tekanan disertai kurangnya istirahat. Kondisi lain yang bisa memicu sakit kepala diantaranya kelainan pembuluh darah dan saraf otak serta adanya tumor otak. Namun sakit kepala yang disebabkan kelainan pada otak umumnya bersifat lama, disertai gangguan penglihatan,  kelemahan anggota gerak dan mungkin saja kejang. 

Anda juga mengeluhkan rasa tidak seimbang saat perubahan posisi duduk atau tidur, hal ini dapat menjadi tanda gangguan pusing atau melayang pada vertigo. Biasanya vertigo terjadi akibat gangguan keseimbangan pada anak siput telinga bagian dalam, kondisi vertigo yang terlalu lama juga bisa terjadi pada kelainan sentral di otak akibat stres dan kurang tidur,  tekanan darah tinggi, sumbatan pembuluh darah otak, pecahnya pembuluh darah otak dan juga tumor otak. 

Saya sarankan agar anda istirahat, menghindari rokok dan alkohol. Untuk sakit kepala bisa juga di hilangkan dengan obat anti nyeri NSAID ibuprofen atau paracetamol. Sementara itu untuk gangguan keseimbangan anda mengkonsumsi obat anti vertigo golongan antihistamin betahistin, saat keluhan tidak ada dapat melakukan latihan manuver Epley memutar posisi kepala dari posisi tidur ke duduk. Jika keluhan sakit kepala dan gangguan keseimbangan menetap sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf / Sp.S

Salam sehat dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Sakit kepala belakang adalah gangguan yang menimbulkan rasa berdenyut dan seperti ditusuk-tusuk di kepala bagian belakang. Kondisi ini dapat berlangsung 30 menit hingga satu minggu. Penyebab sakit kepala belakang beragam.