Sakit kepala terasa berat dan berputar. Apa penyebabnya?

ED Info Penanya: ED
Dok saya mau tanya ,sakit kepala terasa berat dan terasa berputar putar setiap hari itu sakit apa ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ED

Sakit kepala jenisnya ada macam-macam, dengan gejala yang berbeda. Bisa bersifat primer atau suatu jenis penyakit, dan bisa juga sekunder dikarenakan kondisi medis lain. Untuk jenis sakit kepala primer adalah sakit kepala tegang, sakit kepala kluster dan sakit kepala migren. Kejadiannya hilang timbul dan bisa menjadi kronis. Durasinya bisa hanya beberapa menit sampai dengan beberapa jam.

Kalau yang Anda alami termasuk ke dalam sakit kepala tegang atau tension. Terasa sebagai tekanan di sekitar kepala. Daerah leher, dahi, atau bahu juga bisa menjadi lebih sensitif. Biasanya bisa diatasi dengan obat sakit yang dijual bebas. Faktor resikonya seperti stres, cemas dan depresi. Selain itu juga bisa akibat kurang tidur, kurang makan dan kurang cairan. Bila keluhan Anda tidak bisa diatasi dengan obat bebas maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk diberi obat yang memerlukan resep.

Kemudian gejala kedua disebut dengan vertigo / pusing berputar. Terasa pada diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Penyebabnya bisa dari sentral seperti gangguan saraf atau gangguan keseimbangan berat. Bisa juga dari perifer paling sering dari telinga. Bisa timbul gejala penurunan pendengaran, telinga berdengung, dan mual muntah. Saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi vertigo.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit kepala belakang umumnya karena kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Penyebab sakit kepala belakang yang sering terjadi adalah karena postur tubuh yang buruk, migran, radang sendi pada leher, hingga sakit kepala tegang.