Sakit kepala, telinga tersumbat dan tenggorokan mengganjal, penyakit apa ?

AR Info Penanya: AR, Pria, 28 Tahun
dok saya mengalami sakit kepala, sekitar 1 minggu lebih sampe sekarang gak sembuh2, telinga seakan tersumbat tapi tidak mengganggu pendengaran, pada tenggorakan seakan ada yg mengganjal tapi tidak ada rasa sakitkira-kira penyakit apa ya dok?cara pengobatanya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AR.

Sakit kepala disertai telinga tersumbat dan tenggorokan yang mengganjal dapat terjadi karena berbagai faktor dan kondisi medis. Umumnya kumpulan gejala tersebut berkaitan dengan gangguan saluran telinga dan tenggorokan yang pada dasarnya berhubungan.

Adapun berbagai faktor dan kondisi medis yang dapat memicu timbulnya gejala-gejala tersebut, yakni :

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin didasari oleh kondisi medis diatas. Namun kondisi dan faktor lainnya masih belum dapat disingkirkan jika belum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk semantara Anda dapat mencoba mengatasi gejala pusing dengan mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen dan suplemen vitamin C dan B kompleks yang dijual secara bebas di apotek.

Selain dengan obat, dapat pula dibantu dengan cara yang alami berupa konsumsi air rebusan jahe yang diberi perasan madu dan sedikit madu murni. Adapun beberapa hal yang perlu dihindari seperti konsumsi makanan pedas dan berminyak atau berlemak serta mengorek telinga. 

Jika dalam 3 hari kedepan keluhan tidak kunjung membaik, periksakanlah secara langsung ke dokter Spesialis THT.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mulai dari yang alami hingga resep dokter, ini obat vertigo

Obat Vertigo yang Bisa Dicoba: Dari Bahan Alami Hingga Resep Dokter

Vertigo adalah kondisi gangguan yang menyebabkan sensasi berputar luar biasa di kepala hingga memengaruhi keseimbangan tubuh penderitanya. Apa saja obat vertigo yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi ini?