Sakit kepala sebelah pertanda apa?

FZ Info Penanya: FZ, Pria, 19 Tahun
Dokter sya ingin bertnya,begini kpala saya tu sring skit,tapi skitnya itu mlam abis itu hilang brapa mnit lgi dia skit,bru skitnya in sperti ad yg mau cbut rambut sya,,kadang skit sblah dan ad jga skit nya smua,di tmbah leher sya suka tegang,,itu sya skit ap yah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, FZ.

Sakit kepala merupakan kondisi yang umum dan dapat terjadi pada siapa saja. Beberapa macam sakit kepala yang terjadi, antara lain:

  1. Tension Type Headache. Sakit kepala ini biasanya ditandai dengan sensasi kepala seperti di remas atau ditekan. Penyebabnya dapat berupa stres, kelelahan, atau kondisi lapar.
  2. Sakit kepala cluster. Rasa nyeri terutama dirasakan di sekitar mata seperti rasa terbakar atau tertusuk yang hebat. Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari sakit kepala ini.
  3. Migrain. Gejalanya berupa nyeri seperti berdenyut di satu sisi kepala. Sakit kepala ini dapat disertai mual atau muntah. Pemicunya dapat berupa kelelahan, kurang tidur, makanan (coklat, keju, alkohol), stres, faktor lingkungan (cahaya yang terlalu terang, asap rokok, aroma yang kuat). 
  4. Sakit kepala karena sakit lain. Dapat terjadi pada kondisi hipertensi, sinusitis, demam, infeksi lain, kanker otak, dan sebagainya.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala di rumah, yaitu:

  1. Minum banyak air putih minimal dua liter per hari.
  2. Banyak istirahat dan tidur yang cukup.
  3. Hindari faktor makanan dan lingkungan yang menyebabkan migrain.
  4. Memakai aromaterapi utnuk relaksasi.
  5. Mengonsumsi vitamin B kompleks.
  6. Kompres air dingin.
  7. Olahraga teratur.
  8. Jika diperlukan, Anda dapat mengonsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri.

Jika tidak disertai gejala lain yang berarti, Anda dapat memeriksakan tekanan darah Anda ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mengetahui apakah penyebab sakit kepala Anda berupa hipertensi atau tidak. Jika Sakit kepala disertai gejala-gejala di bawah ini:

  1. Demam tinggi
  2. Muntah dan mual
  3. Bicara pelo
  4. Kehilangan keasdaran
  5. Lemah tungkai atau lengan
  6. Kejang
  7. Sakit kepala lebih dari tiga hari atau intensitasnya meningkat

Maka Anda dapat mengunjungi Dokter Anda untuk memeriksakan penyebab sakit kepala Anda sehingga mendapatkan terapi yang tepat.

Semoga lekas membaik.

Salam sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi jahe dapat menangani sakit kepala sebelah

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Sakit kepala sebelah atau migrain dapat menimbulkan rasa nyeri di satu sisi kepala. Cara mengatasinya yaitu kompres dengan air dingin atau hangat, mengonsumsi kafein dan jahe, serta minum air.