Apa penyebab sakit kepala sebelah kanan dan sekitar mata?

TR Info Penanya: TR, Wanita
Saya selalu mengalami sakit kepala sebelah dibagian kanan dan disekitar mata itu kenapa ya dok apa karena mata saya silinder ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TRK.

Sakit kepala adalah hal yang pernah dirasakan oleh hampir semua orang. Sensasi sakit kepala bisa bervariasi, misalnya menusuk, menekan, atau terasa berat. Apabila sakit kepala terjadi pada satu sisi dan di sekitar mata, penyebab paling seringnya adalah sakit kepala cluster.

Sakit kepala cluster biasanya datang secara tiba-tiba. Derajat sakit kepala sedang ke berat, menusuk pada satu sisi kepala, sekitar mata, dan wajah. Terkadang, mata dapat berair, merah, atau bengkak. Rasa sakit akan bertahan kurang lebih 15 menit sampai 3 jam, dan bisa berulang selama periode tertentu. 

Selain sakit kepala cluster, keluhan Anda juga bisa disebabkan oleh migraine, penggunaan gadget berlebih, glaukoma, maupun astigmatisme (mata silinder). Tetapi, astigmatisme biasanya menyebabkan sakit kepala sebelah apabila derajat silinder kanan dan kiri terpaut cukup jauh, atau apabila pengguna menggunakan lensa kacamata yang tidak sesuai.

Anda dapat mencoba memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk mengetahui apakah mata Anda silinder atau tidak. Jika tidak, periksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk menentukan penyebab pasti sakit kepala Anda. Selain itu, mulailah kebiasaan tidur teratur dan hindari penggunaan gadget yang terlalu sering sehari-hari.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala tipe ketegangan adalah penyakit kepala paling umum terjadi

Tension Headache, Sakit Kepala Tipe Ketegangan Bagaikan Kepala Terikat

Di antara jenis keluhan sakit kepala, tension headache atau sakit kepala tipe ketegangan adalah yang paling umum terjadi. Gejalanya adalah rasa nyeri di belakang mata, kepala, dan leher. Derajat ketegangannya beragam mulai dari yang ringan hingga intens.