sakit kepala sebelah apa itu dan terapinya?

NY Info Penanya: NY, Wanita
Sakit kepala sebelah kiri obatnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NY!

Sakit kepala adalah hal yang sering dialami baik pria dan wanita dan bervariasi derajat keluhan serta durasi lamanya. Sakit kepala sebelah dikenal dengan Migrain. Migrain adalah sakit kepala yang terjadi pada salah satu sisi baik kanan atau kiri, selain itu bisa juga disertai rasa berdenyut pada area yang sakit, mual sampai muntah dan sensitif terhadap cahaya.

Migrain sendiri terbagi atas beberapa tahap yakni Prodormal( terjadi sehari atau dua hari sebelum srangan, gejala dirasakan seperti kaku leher, sering haus dan sulit BAB0, Aura(terjadi sebelum atau saat migrain, gejala seperti melihat kilatan cahaya dan pandangan jadi kabur), Saat Serangan(gejalanya sakit kepala sebelah atau bisa kedua sisi, terasa berdenyut, mual, pandangan kabur), Resolusi (Tahap akhir Migrain dan menuju pemulihan pasca sakit, ditandai dengan sakit kepala menjadi ringan dan kelelahan).

Beberapa tips mengurangi migrain diantaranya :

  1. Memijat bagian kepala yang terasa sakit
  2. Kompres dingin di bagian belakang leher atau dagu.
  3. Perbanyak tidur di kamar yang sepi dan kurang pencahayaan.
  4. Melakukan Stretching atau Relaksasi otot.
  5. Makan makanan bergizi dan Kurangi begadang.

Beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi migrain diantaranya Obat Pereda nyeri dan Antiemetik/Anti Mual yang bisa didapatkan di Apotek. Sebaiknya Anda konsultasikan masalah Anda dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga Bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Ghifara Zuhda.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan berhenti mengasah otak untuk mencegah penurunan fungsi otak

Cegah Penurunan Fungsi Otak dengan 5 Cara Mudah Ini

Fungsi otak dapat mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Tanda-tandanya bisa berupa mudah lupa atau sulit mengingat hal-hal yang sebenarnya sederhana. Tapi dengan game asah otak, olahraga, maupun istirahat yang cukup bisa membantu Anda untuk mencegahnya.