Kenapa sering sakit kepala saat berfikir berat?

FW Info Penanya: FW, Wanita, 20 Tahun
Selamat sore dok, saya akhir akhir ini sering merasa pusing, sakit kepala pada saat mengerjakan tugas atau berfikir berat. Kepala terasa seperti nyut-nyutan,panas, di tusuk pda bagian tertentu dan terasa lemas.Terkadang mata menjadi sakit,berair dan panas. Mohon bantuannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FW,

Sakit kepala adalah keluhan yang timbul hampir pada semua usia, dimana memiliki banyak kemungkinan penyebab. Sakit kepala bisa timbul baik karena gangguan di kepala itu sendiri ataupun dipicu gangguan kesehatan lain. 

Sakit kepala primer atau sakit kepala yang timbul karena gangguan pada kepala bisa ada beberapa jenis seperti sakit kepala tipe tegang, sakit kepala cluster ataupun migrain. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari otot yang tegang, stres, pola makan yang kurang baik, kurang asupan cairan, ataupun beragam penyebab lainnya termasuk kondisi psikis seperti stres.

Untuk itu jika sering kali merasa sakit kepala, perlu perhatikan kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu timbulnya sakit kepala. Upayakan menjaga pola makan, perbanyak minum air putih, cukupi kebutuhan istirahat dan tidur, kelola stres, olahraga teratur.

Jika disebabkan oleh pikiran yang mengganggu, perlu juga untuk bisa berbagi cerita pada orang yang dipercaya agar membantu meringankan beban pikiran dan bisa alihkan dengan kegiatan lain seperti misalnya menjalankan hobi ataupun berolahraga. Ketika keluhan datang bisa konsumsi paracetamol untuk meredakan keluhan sakit kepala, bisa juga melakukan pijatan ringan dan mandi air hangat jika masalah otot. Jika masih sering kambuh, ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yang Harus Anda Tahu Tentang Sakit Kepala Bagian Depan

Sakit Kepala Bagian Depan Bisa Saja Bukan Pusing Biasa

Sakit kepala bisa terjadi di bagian kepala manapun, termasuk bagian depan. Terdapat beberapa hal yang dapat memicu sakit kepala bagian depan. Mulai dari sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, hingga ketegangan pada mata.