21 Aug 2021, 00:15Kepala

Sakit kepala di bagian kiri belakang

JB
Info Penanya: JB0
Selamat malam dok. Baru 2 hari saya merasahkan sakit kepala seperti di tusuk jarum di bagian kiri belakang kepala. N itu hanya satu titik saja. Itu kenapa ya dok ? N obatnya apa ?
143 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam JB,Sakit kepala adalah suatu kondisi yang cukup umum dialami. Sakit kepala dapat bervariasi mulai dari ringan hingga berat, menetap atau hilang timbul, juga dapat muncul di area kepala yang berbeda-beda. Jika parah dan berulang, sakit kepala dapat memicu rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.Spesifik kepada keluhan Anda, jika sakit kepala dirasakan di bagian kiri belakang saja, maka bisa mengarah ke sakit kepala tipe cluster atau migrain. Perbedaannya adalah, sakit kepala tipe cluster biasanya terasa menusuk dan bersifat kambuh-kambuhan. Sedangkan migrain umumnya terasa seperti mengikat dan lebih dominan di sisi depan, dan terkadang disertai dengan sensitivitas terhadap cahaya.Untuk penanganan awal, Anda dapat mengonsumsi obat paracetamol tiga kali sehari. Perlu juga untuk melakukan beberapa hal untuk meringankan gejala, seperti:
  • membatasi penggunaan telepon genggam dan laptop, atau perangkat lain yang memancarkan layar bercahaya
  • hindari aktivitas berat dan beristirahat yang cukup
  • konsumsi air putih 8-10 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi
  • tidur cukup 7-9 jam pada malam hari, dan hindari begadang
  • kompres kepala dengan handuk dingin
Jika keluhan tidak membaik dan menetap lebih dari satu minggu, konsultasikan keluhan kepada dokter saraf guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
migrainsakit kepalasakit kepala cluster
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil