04 Feb 2021, 03:33Kepala

Apa yang menyebabkan sakit kepala diikuti dengan mual ?

HH
Info Penanya: HH0
Hallo dok,saya berumur 14 tahun,saya sudah beberapa minggu ini mengalami sakit kepala bagian Belakang disertai mual dan lemas,dan baru baru ini lutut saya terasa lemas setelah rasa sakit kepala saya membaik,dan saya sering mengantuk dan sesak nafas ini pertanda apa ya dok?
109 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, H.Rasa sakit di kepala merupakan tanda sebuah gejala tubuh mengalami gangguan. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, sehingga harus dicari terlebih dahulu penyebab yang mendasarinya. Sakit kepala yang menetap bahkan bertambah berat, baik terjadi disebagian kepala, seluruh kepala, berdenyut, rasa tertusuk-tusuk, diikat, membuat aktifitas sehari-hari menjadi terganggu. 

Apa yang menyebabkan sakit kepala diikuti dengan mual ?

Sakit kepala dapat menjadi sebuah tanda jika Anda mengalami anemia. Anemia adalah sel darah merah yang kurang akibat konsumsi zat besi, dan asam folat yang rendah, perdarahan baik dari vagina atau saluran cerna. Saat tubuh kekurangan sel darah merah, maka aliran darah ke otak juga dapat berkurang. Hal ini yang menyebabkan sakit kepala. Selain itu anemia dapat diikuti rasa mual, lemas, letih, tidak semangat, pandangan kabur, mudah mengantuk, dan nafas menjadi berat.Anemia dapat menyerang semua usia, namun lebih rentan terjadi pada wanita terutama yang sudah menstruasi dan sedang hamil atau melahirkan. Selain anemia, keluhan sakit kepala disertai mual dan lemas yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh vertigo, karena Anda berpindah posisi terutama saat bangun tidur terlalu cepat, tidak duduk selama beberapa saat terlebih dahulu.Anda dapat mengatasi keluhan yang Anda alami dengan beristirahat yang cukup, makan asupan zat besi dan asam folat yang tinggi, biasakan tubuh untuk selalu berolahraga, menjaga berat badan yang ideal. Namun jika keluhan tidak kunjung membaik, bahkan bertambah berat, segera cek darah dan lakukan pemeriksaan di dokter.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
sakit kepalaanemia defisiensi besianemia defisiensi vitamin b12 dan folat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil