07 Jan 2021, 12:30Kepala

Apa penyebab teraba benjolan keras di bagian belakang kepala ?

MG
Info Penanya: MG0
Halo dok, saya mau nanya kenapa ya di kepala Bagian belakang sebelah bawah di kiri dan di kanan ada bencolann keras seperti tulang bengkak terasa sakit kalo di sentuh terasa sakit tolong di jawab dok?
3075 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Benjolan di tubuh dapat tumbuh dimana saja, baik karena infeksi, pembesaran tulang, pembengkakan jaringan, kelenjar, kumpulan lemak, peradangan, luka, dimana benjolan ini ada yang terasa nyeri, dan ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Apa penyebab teraba benjolan keras di bagian belakang kepala ?

Di seluruh tubuh mausia terdapat kelenjar getah bening dimana fungsinya adalah sebagai mekanisme tubuh dalam melawan penyakit atau virus yang masuk. Kelenjar getah bening ini umumnya tidak teraba, namun dapat teraba, dan terasa nyeri saat ada infeksi di sekitar organ dimana kelenjar getah bening berada. Keluhan terdapat dua benjolan keras di bagian belakang kepala kanan dan kiri Anda salah satunya dapat disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini dapat terjadi karena adanya infeksi di saluran pernafasan atas, infeksi saluran telinga, infeksi gigi dan mulut. Jika infeksi yang terjadi sudah membaik, maka kelenjar getah bening yang membesar juga akan mengempis secara perlahan dan tidak teraba kembali.Selain itu, penyebab teraba benjolan keras di bagian belakang kepala bisa karena otot yang kontraksi dan mengeras, kista yang tumbuh, infeksi pada kelenjar rambut atau kulit yang membentuk benjolan.

Kapan sebaiknya ke dokter saat teraba benjolan ?

Anda sebaiknya ke dokter jika benjolann semakin bertambah banyak, semakin membesar, semakin nyeri, menngeluarkan nanah, terasa panas, tubuh demam, terdapat penurunan berat badan yang signifikan. Anda juga dapat mengompres benjolan dnegan menggunakan air hangat untuk mengurangi nyeri atau konsumsi parasetamol 3 x 500 mg setelah makan saat benjolan terasa sangat nyeri.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran pernapasaninfeksi kulitpembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil