22 Nov 2020, 19:54Kepala

Leher tegang dan kepala sakit, lalu mual dan sesak napas

YA
Info Penanya: YA0
dok, saya mau tanya 'leher aku sering tegang, baru kepala aku sering sakit rasanya mau mual baru klu kepala aku sakit aku langsung sesak nafas. itu gejala apa ya dok. mohon penjelasannya, terimakasih dok.
9381 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, YA.Leher tegang dan sakit kepala adalah dua gejala yang sering dialami pada penderita tension headache (sakit kepala tipe tegang). Kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa penyebab, seperti postur yang kurang baik, sedang mengalami stres, kekurangan zat gizi tertentu, maupun kram otot.Sedangkan mual dan sesak napas yang timbul bersamaan adalah dua gejala yang mengarah kepada GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Penyakit ini disebabkan oleh naik kembali asam lambung ke tenggorokan, sehingga menyebabkan rasa terbakar dan panas pada dada, serta terkadang sampai sesak napas.Apabila benar kedua hal tersebut yang Anda alami, maka beberapa kebiasaan yang dapat Anda terapkan di rumah untuk mengurangi gejala adalah:
  • memastikan postur tubuh baik saat sedang bekerja
  • hindari menunduk terlalu lama
  • lakukan stretching ringan untuk merelaksasikan otot leher
  • konsumsi makanan yang mengandung vitamin B dan magnesium
  • perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • batasi makanan pedas, asam, dan berminyak
  • usahakan untuk tidak berbaring setidaknya tiga jam setelah makan
  • kelola stres dengan melakukan yoga, meditasi, atau hal yang menyenangkan
Apabila setelah melakukan hal-hal di atas keluhan tak kunjung membaik, konsultasikan kepada dokter spesialis penyakit dalam. Dikhawatirkan ada penyebab lain yang menyebabkan keluhan Anda. Misalnya, leher tegang dan sakit kepala juga bisa disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi atau gangguan saraf tulang belakang. Sedangkan sesak dan mual juga bisa disebabkan oleh gangguan hati, gangguan jantung, dan berbagai penyebab lainnya.Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan penyebabnya, misalnya rekam jantung, rontgen, atau laboratorium. Setelah dipastikan, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai, atau merujuk ke spesialisasi lain apabila tidak bisa ditangani sendiri. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
gerdsesak napassakit kepala tegang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil