26 Oct 2020, 03:39Kepala

Kenapa sakit kepala belakang saat tidur?

GT
Info Penanya: GT0
Dok, setiap tidur saya merasakan sakit pada kepala bagian belakang, itu terjadi pada saat tidur saja sedangkan jika saya bangun, saya tidak merasa sakit lagi. Sesuai dengan apa yang saya rasakan, kira" saya kenapa dok?
286 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, GTTerima kasih atas pertanyaannya.Sakit kepala merupakan gejala adanya rasa nyeri pada kepala bagian depan, hanya sebagian, bagian belakang hingga menjalar ke leher.  Sakit kepala dapat terjadi karena gangguan peredaran darah, saraf maupun otot.  Banyak hal yang menyebabkan sakit kepala. Penyebab sakit kepala bagian belakang :
  • Sakit kepala tegang. Sakitnya dapat berupa adanya tekanan pada bagian belakang kepala hingga menjalar ke leher.  Istirahat yang kurang, stress, kurang nutrisi dapat memicu sakit kepala ini.
  • Sakit kepala sebagian (Migrain basilar). Keluhan disertai telinga berdengung, pandangan tiba-tiba kabur
  • Neuralgia oksipital. Adanya gangguan pada saraf antara pangkal leher hingga kepala.  Bisa karena ada tekanan, iritasi, cedera, radang, serta saraf terjepit.  Sakitnya digamparkan seperti tertusuk-tusuk pada kepala
Beberapa kebiasaan buruk seperti posisi tidur yang kurang baik, dehidrasi, sering begadang, postur tubuh yang sering membungkuk juga dapat memperparah sakit kepala belakang.  Adanya saraf terjepit di tulang belakang area leher dapat menyebabkan hal serupa terutama pada saat posisi tidur.  Apabila keluhan sudah lebih dari 3 bulan dirasakan atau disertai pandangan kabur, bicara yang tidak jelas, segera periksa ke dokter saraf untuk penanganan lanjutan.Sementara ini dapat mengurangi aktivitas berlebih, istirahat cukup, kurangi makanan yang terlalu asin dan berlemak, olahraga teratur, perbanyak minum air putih, dan perbaiki posisi tidur dengan gunakan bantal tambahan di leher atau berikan bantal dibawah lutut. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
migrainsaraf terjepitsakit kepalasakit kepala tegang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil