29 Sep 2020, 12:04Kepala

Sakit kepala, apa penyebabnya?

AN*
Info Penanya: AN*, Wanita, 20 Tahun
Siang dok, saya punya keluhan sakit kepala berdenyut hebat, sakitnya membuat saya tidak mampu menahannya. Area sakitnya keseluruhan bagian kepala. Sehari sebelum sakit kepala hebat ini saya sempat tiba-tiba muntah. Saya segera minum obat maag awalnya saya pikir mungkin karna maag tapi tidak ada perkembangan malah sakitnya bertambah. Kemudian saya minum obat paracetamol karna ada demam juga, namun reaksi obat hanya bertahan 1 jam setelahnya demam dan sakit kepala timbul lagi.
183 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, HTerima kasih atas pertanyaan AndaSakit kepala adalah kondisi yang dirasakan berupa rasa tidak nyaman, rasa nyeri baik pada bagian tertentu di kepala ataupun pada seluruh bagian kepala. Kondisi sakit kepala ini bisa terjadi mulai dari beberapa menit bahkan hingga beberapa hari. 

Berikut adalah penyebab sakit kepala primer:

  • Migrain, sakit kepala terasa berdenyut pada salah satu sisi kepala. 
  • Sakit kepala tipe tegang (Tenstion Type Headache), sakit kepala jenis ini dirasakan mulai dari dahi hingga belakang leher, terasa tegang, dan kerap kali menjalar hingga bahu
  • Sakit kepala kluster, sakit kepala sebelah disertai mata merah pada area yang nyeri, hidung tersumbat pada area yang nyeri, serta adanya nyeri pada area wajah
Selain sakit kepala primer, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang sakit kepala seperti kelelahan, kurang tidur, tekanan darah rendah / tekanan darah tinggi, terlambat makan, ataupun kurang asupan makanan bernutrisi. Sakit kepala juga kerap diikuti dengan beberapa keluhan lain seperti mual dan atau muntah, berkunang-kunang, dan lain sebagainya. Jika keluhan ini sudah Anda rasakan selama lebih dari 3 hari dan sudah mengonsumsi parasetamol namun belum membaik, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat sehingga Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab dari keluhan Anda.Usahakan untuk tetap konsumsi makanan sehat bergizi, hindari perubahan posisi kepala secara mendadak, lakukan lahraga ringan (stretching), hindari stres dan kelelahan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
migrainsakit kepalasakit kepala clustersakit kepala tegang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil