Sakit wajah, sakit punggung, mata berbayang, dan keliyengan

SU Info Penanya: SU, Pria, 19 Tahun
Assalamu'alaikum Dok.. Saya ingin bertanya. Saya sudah sebulan ini sering sakit kepala dan sakitnya itu seperti di tekan di jidat dan di kepala bagian atas, di sertai sesak pada hidung seperti di tekan di tulang hidung, dan sakit yg berpindah (punggung atas atau pun bawah). Mata kiri saya juga sudah melihat seperti berbayang pada tulisan (kalau agak jauh). Dan saya sering merasa keliyengan, melayang, dan merasa bergoyang (seperti gempa kecil) kalau dduk atau berbaring. Kira² saya knpa yah Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Sakit pada wajah dan tulang hidung paling sering disebabkan oleh sinusitis, yaitu peradangan pada rongga sinus. Rasa sakit ini biasanya lebih berat ketika sedang melakukan posisi sujud (kepala menunduk ke bawah). Sinusitis juga bisa disertai oleh hidung tersumbat, batuk, atau rasa menekan pada telinga.

Kemudian, sakit pada punggung bisa disebabkan oleh gangguan tulang belakang, nyeri otot, kolik renal karena adanya batu saluran kemih, dan berbagai penyebab lainnya. 

Keluhan Anda selanjutnya, yaitu mata berbayang saat melihat tulisan secara jarak jauh kemungkinan besar disebabkan karena miopi (rabun jauh atau mata minus). Seseorang yang mengalami miopi mengalami perubahan lengkungan retina, yang menyebabkan bayangan benda tidak jatuh tepat di retina, sehingga tampak kabur.

Terakhir, keliyengan atau rasa melayang yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh vertigo. Kondisi ini dipicu oleh perubahan posisi, misalnya dari duduk ke berdiri, atau dari berbaring ke duduk. Selain vertigo, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh anemia, hipotensi, maupun hipoglikemi.

Oleh karena banyaknya keluhan Anda yang kemungkinan besar disebabkan lebih dari satu penyakit, ada baiknya Anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter umum. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, dimana akan ditentukan kondisi mana yang sebaiknya difokuskan untuk ditangani terlebih dahulu. 

Apabila ada masalah yang belum bisa diselesaikan oleh dokter umum, maka Anda akan dirujuk ke spesialisasi yang terkait. Misalnya, ke dokter spesialis THT untuk sinusitis atau dokter spesialis mata untuk miopi.

Beberapa saran yang dapat Anda lakukan di rumah untuk sementara adalah:

  • Menghindari makanan pedas dan terlalu berminyak, untuk mengurangi produksi lendir pada sinus
  • Mengonsumsi makanan kaya vitamin B yang baik bagi otot, misalnya alpukat
  • Memastikan pencahayaan cukup saat membaca
  • Tidur cukup, agar mata dapat beristirahat

Terima kasih, semoga apa yang sudah disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab mimisan disertai sakit kepala sangat beragam, contohnya deviated septum.

Penyebab Mimisan Disertai Sakit Kepala, Apa Saja?

Penyebab mimisan disertai sakit kepala sangatlah beragam, mulai dari penyakit umum seperti migrain hingga yang lebih serius seperti leukemia. Memahami penyebabnya bisa membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik dari dokter.