Apa saja penyebab sakit kepala?

DP Info Penanya: DP, Pria, 1 Tahun
Dok kepala saya setiap hari nya sakit berdenyut denyut rasa nya sakit banget kalau menggoyangkan kepala rasanya sakit kayak ada berdoyang di dalam kepala saya,itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DP.

Sakit kepala adalah rasa tidak nyaman yang dirasakan pada kepala, dan dapat dirasakan oleh siapa saja baik tua maupun muda. Rasa sakit sering digambarkan sebagai menusuk, mengikat, menekan, atau berdenyut.

Jenis Sakit Kepala

Berdasarkan penyebabnya, sakit kepala dibagi menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sekunder. Jenis-jenis sakit kepala primer adalah:

  • Migraine, yaitu sensasi berdenyut yang dirasakan hanya pada satu sisi kepala, bisa kiri maupun kanan
  • Sakit kepala cluster, yaitu sensasi menusuk yang dirasakan pada kepala dan mata, dan terjadi secara berulang dalam siklus tertentu
  • Sakit kepala tegang atau tension headache, yang digambarkan sebagai rasa mengikat di belakang kepala sampai leher

Sedangkan sakit kepala sekunder adalah rasa sakit yang dirasakan akibat penyakit lain, misalnya karena demam tinggi, tumor otak, atau hipertensi (tekanan darah tinggi).

Anda dapat mencoba mengonsumsi air putih yang cukup untuk meringankan sakit kepala. Konsumsi juga makanan kaya magnesium seperti dark chocolate. Selain itu, hindari begadang dan cukupi kebutuhan jam tidur Anda. Jangan lupa, kelola stres dengan baik, misalnya dengan yoga atau meditasi.

Apabila tidak membaik, artinya harus dicari tahu dulu apa penyebab sakit kepala Anda. Untuk memastikan, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis saraf, agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti CT scan kepala. Dengan demikian, dapat diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

otak beku saat memakan es krim terlalu cepat

Makan Es Krim Sebabkan Otak Beku, Mengapa Bisa Demikian?

Menikmati es krim, terutama saat cuaca sedang panas-panasnya, mungkin terasa sangat menyenangkan dan memuaskan dahaga. Meski demikian, ada satu hal yang mengganggu saat menyantap es krim, yakni Anda mengalami “otak beku” (brain freeze).