Sakit Kepala terus menerus, harus minum obat apa?

AM Info Penanya: AM, Wanita
Dok, saya sering sakit kepala berjam jam bahkan berhari hari. Akan reda kalau saya tidur malam. Kadang sudah tidurpun tidak mereda sakit kepalanya. Letaknya di pelipis tapi suka merembet ke bagian belakang kepala jadi terasa berat. Pernah juga sampai vertigo. Minum panadol/paramex tidak mempan. Kira kira saya harus minum obat apa ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AM,

Sakit kepala adalah keluhan yang sering timbul dan bisa menyerang siapa saja. Sakit kepala sendiri ada yang disebabkan oleh gangguan struktur kepala atau disebut sakit kepala primer, ataupun sakit kepala karena adanya penyakit lain yang memicunya atau disebut sakit kepala sekunder.

Kebiasaan yang bisa memicu sakit kepala

Sakit kepala sendiri sering kali dipicu oleh kebiasaan sehari-hari, seperti:

  • Pola makan yang buruk
  • Kurang tidur atau pola tidur yang tidak teratur
  • Kurang asupan cairan
  • Sering ada beban pikiran atau stres
  • Terlalu lelah bekerja ataupun olahraga berlebih
  • Penggunaan gadget dalam waktu lama
  • dan beragam kebiasaan lain.

Obat sakit kepala sendiri bukan merupakan satu-satunya solusi, dimana obat sering kali hanya meredakan gejala saja dan tidak menyembuhkan sakit kepala. Untuk itu perlu dilakukan perubahan gaya hidup agar sakit kepala bisa dicegah.

Apabila sakit kepala timbul berhari-hari dengan durasi serangan bisa berjam-jam ada baiknya memeriksakan diri pada dokter ataupun dokter spesialis saraf untuk memastikan penyebabnya.

Nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen ataupun pemindaian dengan CT scan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada tiga jenis sakit kepala primer, yakni sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, dan migrain

Jenis-jenis Sakit Kepala Primer, Sudahkah Anda Mengenalnya?

Sakit kepala, kondisi yang mungkin sering terjadi, terdiri atas beberapa jenis. Salah satu penggolongan kondisi ini adalah sakit kepala primer, jenis sakit kepala yang memang menjadi suatu penyakit. Tiga jenis kepala primer yakni sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, dan migrain.