Bagaimana cara mengatasi sakit kepala saat hamil?

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Halo dok,,saya mau tanya.saya hamil 10 week ,sudah 5 hari kepala saya sakit,kadang setelah bangun pagi,kadang setelah tidur siang,biasanya kalo tidur sakit kepala hilang ,tapi ini tidak dok,,setiap hari ngerasaain sakit,,bagaimana ya dok cara mengatasinya?terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Penyebab sakit kepala saat awal kehamilan bisa karena perubahan hormon, kurang tidur, gula darah rendah, dehidrasi dan stres. Sakit kepala karena hormon biasanya akan membaik dengan seiring bertambahnya usia janin.

Cara meredakan sakit kepala pada ibu hamil adalah istirahat dengan berbaring di tempat tidur dan pejamkan mata agar tubuh dan kepala menjadi rileks, pijat bagian kepala dengan lembut bisa juga memijat pundak dan leher untuk mengatasi ketegangan, kompres bagian kepala dengan air hangat.

Cara mencegah sakit kepala agar tidak muncul kembali yang bisa Anda lakukan banyak konsumsi air putih, atasi stres dengan baik, rutin melakukan relaksasi atau yoga, cukup tidur dan istirahat, hindari yang dapat memicu sakit kepala seperti MSG, asap rokok, dan cuaca panas dan dingin berlebihan.

Namun jika sakit kepala yang Anda alami terus menerus bisa jadi suatu pertanda Anda mengalami hipertensi pada kehamilan. Jadi jangan ragu untuk langsung melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Satu isapan rokok mengandung sebanyak 70% tar yang dapat mengendap di paru-paru.

3 Zat Beracun dalam Rokok Ini Bisa Ancam Nyawa

Zat beracun dalam rokok yang dikenal paling berbahaya,yaitu nikotin, tar, karbon monoksida. Selain itu, zat berbahaya lainnya yaitu, arsen, amonia, aseton,dsb.