Kenapa selalu merasa kedinginan tiap jam 9 pagi ?

SK Info Penanya: SK, Wanita, 1 Tahun
Dokter saya sering kedinginan tiap jam 9 pagi hingga siang hari, juga merasakan sakit kepala, kemudian tiap tdur merasakan sakit di uluh hati membuat tidak nyaman setiap kali mau tidur. Terkadang saya juga sering mengalami kepanasan yang berlebihan keringatan berlebihan secara tiba tiba disertai rasa mual, dan pusing.Juga saya sering merasakan seluruh otot otot tubuh saya sakit sampai ke telapak kaki hingga terkadang saya tidak kuat berdiri. Mohon penjelasannya dokter...?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SK,

Keluhan berupa badan kedinginan, sering pusing di pagi hari bisa saja disebabkan tubuh dalam kondisi hipoglikemia atau kekurangan kadar gula di dalam darah akibat semalaman sudah tidur dan mungkin Anda melewatkan sarapan pagi.

Perihal keluhan mual, nyeri ulu hati menjelang tidur bisa saja disebabkan oleh faktor asam lambung yang meningkat atau yang disebut dengan istilah GERD, sehingga ketika Anda berbaring maka asam lambung akan naik ke tenggorokan dan menimbulkan rasa tidak nyaman, panas, sesak di dada, mual, hingga gelisah susah tidur.

Untuk badan yang terasa sakit semua hingga tidak kuat berdiri bisa disebabkan oleh faktor kelelahan, kurangnya vitamin B, fibromyalgia atau kram otot akibat kurang olahraga.

Untuk mengatasi semua keluhan Anda, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan perubahan pola hidup dengan cara :

  1. Hindari stres.
  2. Usahakan makan secara teratur, dengan porsi kecil namun lebih sering.
  3. Hindari makanan yang pedas, asam, santan, kopi, kanji, ketan, soda, dan alkohol.
  4. Perbanyak makan sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.
  5. Hindari makan sebelum tidur, boleh makan maksimal 3 jam sebelum tidur untuk mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.
  6. Tidur dengan bantal agak tinggi agar asam lambung tidak naik, atau bisa juga dengan posisi tidur miring ke kiri.
  7. Olahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari.

Bila keluhan berlanjut atau semakin parah, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah alpukat tidak bersifat asam dan aman untuk penderita asam lambung

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.