Sakit kepala penyebab stres dan kurang konsentrasi? Benarkah?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 18 Tahun
Selamat sore Dokter,Terkadang bagian atas kepala saya sakit lalu sering mengantuk dan kurang konsentrasi walaupun saya tidak melakukan aktivitas yang melelahkan. Saya juga merasa stress dan belakangan ini juga sulit untuk mengingat (contoh: pelajaran). Kira-kira hal tersebut disebabkan apa ya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu AS,

 

Sakit kepala salah satu penyebabnya adalah karena hipoglikemia atau kurangnya kadar gula dalam darah. Mungkin karena melewatkan waktu makan  atau tidak makan secara teratur. Perhatikan waktu makan Ibu, untuk usia perkembangan dan pertumbuhan seperti sekarang ini maka diperlukan makan 3x sehari (Sarapan, makan siang dan makan malam) serta cemilan 2x diantara waktu makan. Pilih makanan sehat untuk mempertahankan berat badan ideal, untuk Ibu yaitu 44,5 Kg sesuai tinggi badan.

Selain makan teratur, waktu tidur malam sangat mempengaruhi stamina tubuh pada besok paginya. Untuk usia 18 tahun, perlu 7 sampai 9 jam untuk tidur malam dalam sehari.

Kurangnya gizi dan kurang tidur dapat menyebabkan sakit kepala, dan gangguan konsentrasi, bila terjadi berulang-ulang maka dapat menyebabkan stres dan lingkaran ini akan terus berputar balik.

Bila terlalu sakit kepala maka dapat dipertimbangkan untuk minum obat penghilang sakit kepala bila dibutuhkan saja, sebaiknya konsultasikan dengan Dokter sebelum minum obat apapun.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ternyata ada banyak manfaat buah salak yang belum banyak diketahui

Buah Asli Indonesia Ini Dipercaya Memiliki Banyak Manfaat, Benarkah?

Di balik wujudnya yang kurang menarik, buah salak dipercaya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari baik untuk kesehatan mata hingga mengontrol kadar gula darah, inilah berbagai manfaat salak bagi kesehatan.