Sakit kepala, mudah lelah dan mengantuk. Sering buang angin. Apa penyebabnya?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 20 Tahun
penyebab sakit kepala , mudah lelah dan mengantuk disertai buang angin terus
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NA 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gejala yang Anda paparkan termasuk gejala yang umum dan bisa terjadi pada banyak kondisi penyakit. Terutama sakit kepala, bisa karena ada gangguan di kepala atau leher seperti gangguan otot, saraf atau pembuluh darah. Bisa juga akibat minuman keras, keracunan gas CO, dehidrasi, gegar otak, glaukoma, influenza, stroke dan serangan panik.

Kemudian gejala kedua yaitu mudah lelah dan mengantuk, penyebabnya jika kerja dalam waktu lama atau dinas malam. Kondisi psikologis sedang depresi, cemas atau stres. Kondisi medis seperti diabetes, gangguan tiroid, kurang garam, efek samping obat, atau gangguan tidur.

Kemudian gejala ketiga sering buang angin, sering disebabkan kebiasaan menelan udara (makan permen karet, merokok, soda atau makan terburu-buru). Makanan yang membuat gas seperti kacang-kacangan, kol, brokoli, apel atau jus buah. Untuk kondisi klinis penyebabnya antara lain sulit BAB, infeksi pencernaan, diabetes, gangguan makan, luka pada lambung atau GERD.

Bila dikaitkan ketiganya kemungkinan dari faktor psikis yang menyebabkan iritasi lambung / maag dan mengakibatkan banyak gas. Tingkat stres yang tinggi menyebabkan tension type headache (nyeri kepala tegang) dan merasa mudah lelah / mengantuk. Berikut artikel mengenai gejala stres untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memaafkan orang lain saat idul fitri sangat bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Memaafkan Orang Lain Saat Idulfitri, Rasakan Manfaat Kesehatan Ini!

Idulfitri adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mulai memaafkan orang lain. Tak hanya memberi manfaat untuk kesehatan fisik, memaafkan orang lain juga baik bagi kesehatan mental, seperti mengurangi rasa cemas dan depresi.