Sakit kepala dan mual karena sakit apa?

AZ Info Penanya: AZ, Wanita, 25 Tahun
Assalamu alaikum dan selamat malam dok...Akhir2 ini sy punya permasalahan terutama di bagian kepala. Rasanya tuh sakit banget sampe2 bola mata tuh kaya mau kluar gitu selain itu di sertai mual dan muntah...pokoknya badan terasa lemes banget deh mana lagi badan terasa sakit smua trutama bagian punggung belakang sakit banget dok kadang juga jantung berdetak dengan cepat skali...kira2 sy sakit apa yah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AZ,

Sakit kepala merupakan keluhan yang sering dialami siapa saja dimana sakit kepala bisa timbul akibat banyak penyebab. Sering kali sakit kepala disebabkan oleh gangguan pada sakit kepala itu sendiri yang disebut dengan sakit kepala primer, selain itu sakit kepala juga bisa timbul karena adanya penyakit lain yang menyebabkannya atau disebut sakit kepala sekunder.

Sering kali sakit kepala primer timbul akibat keseharian yang kurang baik, seperti misalnya pola makan yang kurang baik, kurang asupan cairan, kurang istirahat ataupun pola tidur yang kurang baik, aktivitas fisik yang berat dan lainnya.

Tidak jarang hal ini juga disertai gejala lain seperti gangguan pencernaan, rasa sesak, lemas, mual, ataupun keluhan lainnya. Bisa juga terjadi bersamaan seperti misalnya sakit kepala primer dan juga penyakit maag atau peningkatan asam lambung. Untuk itu perlu perbaiki pola makan, perbanyak minum air putih, cukup beristirahat, dan bisa mengonsumsi antasida sebelum makan untuk membantu mengurangi gejala. 

Jika keluhan terus berlanjut maka perlu memeriksakan diri pada dokter. Nantinya akan dipastikan apa yang menjadi permasalahanya dan memberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Titik refleksi tangan di telapak tangan dan pergelangan tangan

Titik Refleksi Tangan untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Titik refleksi tangan sudah diterapkan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan tradisional ini dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi sembelit, sakit kepala, sampai untuk meringankan masalah pencernaan.