Kenapa mendadak mau pingsan?

NR Info Penanya: NR, Pria, 21 Tahun
saya kemarin sesudah menjalankan ibadah sholat itu menguap terus menerus, sesudah selesai lalu kepala bagian belakang sakit lalu pusing seperti kekeleyengan, lemas, tubuh terasa ringan seperti kaya orang pingsan & terasa seperti mati rasa, lalu sebelum itu emang sudah terasa sesak napas, perut bagian tengah sakit, sakit pinggang/punggung bawah sebelah kanan, nyeri sesudah buang air kecil,. kadang sakit buang air kencing itu di saluran uretra nyambung ke saluran ureter dan pinggang sebelah kanan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NR,

Gangguan lambung adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, dan hal ini wajar terjadi karena pola hidup orang sekarang kurang baik seperti sering terlambat makan dan sekalinya makan akan makan makanan yang sangat pedas dan jumlah yang banyak.

Perihal keluhan-keluhan yang Anda sampaikan, bisa saja terjadi akibat terlambat makan atau kurang makan sehingga kadar gula darah menurun, sehingga Anda akan merasa ngantuk atau adanya kebosanan jadi Anda menguap terus menerus. Kondisi kurang makan atau belum makan ini tentunya akan merangsang iritasi lambung terlebih ketika Anda berdoa dan banyak membungkukkan badan sehingga asam lambung akan naik ke tenggorokan dan muncul keluhan sesak napas atau dada yang terasa panas. Sedangkan untuk keluhan nyeri ketika berkemih maka bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau faktor kurang minum air putih.

Hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi berbagai keluhan tersebut adalah:

  • Usahakan untuk makan secara teratur dengan porsi kecil namun sering, dan hindari makan makanan pedas yang tidak wajar.
  • Minum antacida untuk meredakan nyeri ulu hati Anda.
  • Minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Hindari kebiasaan menahan kencing.
  • Hindari berganti-ganti pasangan seksual.

Bila keluhan berlanjut, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat karena bisa saja disebabkan oleh anemia, tekanan darah rendah, dll.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi lambung dapat menyebabkan heartburn dan nyeri perut

Infeksi Lambung Menyerang, Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

Infeksi lambung disebabkan oleh bakteri H. Pylori dan tidak selalu menimbulkan gejala. Terdapat berbagai pengobatan yang dapat Anda tempuh, di antaranya dengan antibiotik dan berbagai jenis obat lainnya.