Berbahayakah sakit kepala hingga demam?

RH Info Penanya: RH, Wanita, 28 Tahun
Bismillah... Dok, mw tax nih... Knp klo z terkena matahari panas, g sampai 2 menit.Z tu selalu sakit kepala (sakit sekali) dan leher seperti sudah d pukul. G lma kemudian z demam... Adakah solusi dr keluhanku, Dok? Makasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RH,

Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh meningkat diatas 37,5oC yang bisa terjadi akibat infeksi bakteri, virus, kelelahan, dll.

Perihal keluhan yang Anda alami, pada beberapa orang memang lebih sensitif terhadap sengatan matahari, terutama saat matahari di atas jam 10 pagi.

Keluhan sakit kepala yang muncul ini bisa karena pembuluh darah di kepala mengalami pelebaran sehingga di kepala akan terasa berdenyut, kondisi ini akan diperparah ketika dalam kondisi dehidrasi akibat berkeringat, atau terlambat makan.

Sementara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengatasi sakit kepala tersebut adalah :

  • Minum paracetamol untuk mengurangi sakit kepalanya.
  • Gunakan topi atau payung saat di bawah terik matahari.
  • Minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi.
  • Usahakan makan secara teratur.

Bila keluhan sakit kepala sering kambuh, ada keluhan pusing berputar, mual, maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut seperti cek tekanan darah atau cek darah lengkap di laboratorium. Karena sakit kepala juga bisa disebabkan penyakit lain seperti anemia, hipotensi, rabun mata, dll.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Demam ringan pada anak bisa diredakan dengan bahan-bahan penurun panas alami.

10 Penurun Panas Alami yang Ampuh Atasi Demam Anak

Demam dapat membuat suhu badan anak meningkat hingga menggigil. Selain obat, bahan-bahan penurun panas alami yaitu, jahe, echinacea,kelapa,lemon dan madu,dsb.