TANYA DOKTER

Sakit kepala di belakang kepala

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Adhi Pasha Dwitama

Selamat pagi YF,

Sakit kepala merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh setiap orang. Karakter dari sakit kepala sendiri dapat beragam ada yang seperti ditusuk-tusuk, berdenyut, terasa terikat dan juga lokasinya dapat pada satu sisi kepala ataupun sekeliling kepala. Penyebab sakit kepala sendiri beragam dimana sakit kepala ada yang disebut sakit kepala primer atau disebabkan oleh gangguan struktur kepala itu sendiri ataupun sakit kepala sekunder dimana sakit kepala timbul karena penyakit lain seperti flu, sinusitis, trauma atau benturan kepala, gangguan mata, dan lainnya. Sakit kepala pada bagian belakang kepala sendiri sering kali dipicu oleh sakit kepala tipe tegang, migrain, radang sendi, gangguan saraf area sekitar tulang belakang menuju kepala, atapun gangguan pada tulang belakang leher.

Untuk mengatasi sakit kepala sendiri perlu dihindari pemicunya seperti menjaga posisi tubuh ketika beraktivitas baik duduk, berdiri, ataupun tiduran, membatasi penggunaan gadget atau menatap monitor, melakukan peregangan ringan, melakukan massage ringan di area pundak dan leher belakang, hindari melewatkan waktu makan, cukupi kebutuhan cairan, mengompres bagian leher dengan kompres dingin atau hangat dan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol jika diperlukan. Upayakan juga untuk membatasi konsumsi kafein dan cukup beristirahat, serta kelola stres dengan baik.

Jika keluhan sakit kepala timbul makin berat, demam, mual atau muntah, penglihatan kabur, pingsan, leher kaku, sulit bicara, badan lemah sebelah segera periksakan diri pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

1 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

YF
YF 05 Sep 2019, 20:37
Terimakasih banyak dok atas penjelasannya, ini sangat bermanfaat bagi saya, terimakasih banyak sebesar2nya
Kirim
Back to Top