Bagaimana penanganan rambut rontok?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 20 Tahun
Hai dok, sebelum ke pertanyaan saya wanita berumur 20thn, suka catokan, keramas setiap hari, jarang potong rambut (usually 1x sethn), jarang mkan protein &zat besi. Sya memiliki mslh rmbut rontok parah & suka skit kepala. Sya prnh sengaja menghitungnya dan lebih dari 300 helai rambut kalau setelah keramas, tdak keramas mungkin 150 helai. Saya sdh mengalami hal ini slama 4 bln & tlah memakai hair tonic serta shampo hair loss tapi tdk manjur padahal pemakaian sudah sebulan. Mohon bantuannya :')
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FA.

Rambut sering disebut-sebut sebagai 'mahkota wanita'. Setiap orang, terutama wanita, pasti menginginkan rambut yang sehat. Tetapi terkadang ada masalah rambut yang mengganggu keseharian, misalnya rambut kering atau terlalu berminyak, rambut bercabang, atau rambut rontok.

Rambut rontok yang Anda alami bisa disebabkan karena:

  • Perubahan hormonal, misalnya ketika akan menstruasi, ovulasi, atau saat kehamilan
  • Memiliki penyakit lainnya seperti gangguan tiroid
  • Infeksi kulit kepala
  • Berat badan yang naik atau turun secara drastis
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antidepresi atau obat jantung
  • Defisiensi zat gizi, misalnya protein, biotin, dan zat besi
  • Perilaku yang tidak sehat bagi rambut, seperti mencatok terlalu sering, mengeriting, atau mengikat terlalu kencang

Untuk saat ini, sangat disarankan agar Anda mengubah perilaku Anda terhadap rambut. Kurangi mencatok dengan suhu yang panas. Gunakan sisir yang tidak terlalu rapat. Saat mandi, gunakan sampo yang mengandung biotin atau bisa gunakan masker alami rambut seperti jus lemon dan minyak zaitun. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan tinggi zat besi dan protein, seperti daging merah.

Apabila Anda sudah mengubah perilaku namun tidak juga mengalami perbaikan pada keluhan, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan mencari tahu apakah ada gangguan pada kulit kepala Anda, dan memberikan terapi yang sesuai. Jika tidak ada, dokter mungkin akan merujuk kepada spesialis lain yang sesuai untuk menangani penyebabnya.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh FA
22 Apr 2020, 09:40
Terimakasih atas sarannya dok, saya sudah mengganti pola makan saya selama satu bulan. Mempriorotaskan makanan protein dan juga zat besi, juga tidak bercatokan selama satu bulan bahkan berkeramas 2 atau 3 kali seminggu. Saya harap ini dapat bekerja, dan bukan penyakit parah. Saya tidak tahu minimal berapa bulan agar pola yang sudah saya terapkan dapat berpengaruh tapi semoga secepatnya ada perubahan. Sekali lagi terimakasih dok. Sehat selalu! :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Smoothing dapat membuat rambut menjadi lurus dan rapi

Beda dengan Smoothing, Inilah Manfaat Rebonding yang Kerap Disamakan

Karena banyak manfaat, rebonding jadi pilihan banyak orang yang berambut keriting dan susah diatur untuk meluruskan rambut. Hal yang sama juga berlaku dengan smoothing. Lalu apa bedanya?