Sakit Kepala dan Pusing. BAB Keras dan Berdarah. Bagaimana Tips Mengatasinya?

FS Info Penanya: FS, Wanita, 2019 Tahun
Assalamualaikum dok.Saya 3 hari ini sering sekali sakit kelapa(pusing) sudah minum obat sembuh,besok nya pusing lagi..hari ini waktu saya BAB sangat sulit keluar dok.saya ngeden kuat anus saya keluar darah dok.mohon bimbingan nya dok buat solusi pengobatan nya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, FS

Nyeri kepala bisa terjadi di seluruh bagian kepala, pada kedua sisi, atau hanya satu lokasi. Dibedakan menjadi nyeri kepala primer bila tidak ada penyebab lainnya atau nyeri kepala sekunder jika ada kondisi klinis sebagai penyebabnya. 

Nyeri Kepala Primer

Nyeri kepala yang berdiri sendiri akibat terlalu aktifnya atau ada masalah pada struktur di dalam kepala yang sensitif terhadap nyeri. Di antaranya pembuluh darah, otot dan saraf dari kepala dan leher. Bisa juga akibat perubahan aktivitas kimia di otak. Yang termasuk kedalamnya adalah nyeri kepala migren, nyeri kepala cluster dan nyeri kepala tension.

Nyeri Kepala Sekunder

Nyeri kepala sekunder adalah gejala yang timbul ketika kondisi lain menstimulasi saraf peka nyeri yang ada di otak. Penyebabnya cukup banyak, diantaranya :

- hangover setelah minum alkohol

- tumor otak

- sumbatan darah otak

- perdarahan di dan sekitar otak

- brain freeze akibat es krim atau minuman dingin

- keracunan monoksida

- gegar otak

- dehidrasi

- glaucoma

- terlalu banyak minum obat nyeri

- serangan panik

- stroke

Tatalaksana Nyeri Kepala

Karena nyeri kepala bisa jadi gejala kondisi serius sebaiknya diperiksa langsung oleh dokter terutama jika nyeri semakin berat, semakin sering atau tidak hilang-hilang. Bila disertai gejala mengantuk, bingung, demam, kaku di leher atau baal. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri, bisa juga disertai obat lain seperti penenang, anti kejang, dan lainnya tergantung kondisi penyakit anda.

Terapi alternatif seperti akupunktur, herbal, produk nutrisi, hipnosis, meditasi dan terapi perilaku kognitif juga tersedia. Walaupun belum banyak bukti penelitian yang mendukungnya.

Perawatan di rumah bisa dengan kompres panas atau dingin di kepala atau leher, menghindari penyebab stres dan makan yang teratur untuk menjaga kadar gula darah yang stabil. Olahraga yang teratur dan cukup istirahat dengan tidur yang teratur juga dapat mengurangi nyeri kepala, mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan secara umum.  Sedangkan untuk pertanyaan kedua mengenai BAB keluar darah bisa diakibatkan kotorannya yang terlalu keras dan mengedan yang berlebihan. Karena saat mengedan pembuluh darah di sekitar anus bisa menonjol akibat tekanan dari mengedan. Pembuluh darah tersebut rentan untuk luka. Kotoran yang keras dapat mengakibatkan gesekan pada pembuluh darah tersebut dan akhirnya keluar darah. Cara mengatasinya dengan minum air yang banyak, makanan yang tinggi serat dan saat BAB jangan terlalu dipaksakan dengan mengedan. Lebih baik tunggu sampai waktu yang tepat untuk BAB.  Semoga saran saya bermanfaat.Salam Sehat, dr. Andre Zaini

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tips kesehatan pria untuk hidup yang paling penting adalah memeriksa kesehatan mental

10 Tips Kesehatan Pria yang Wajib Dilakukan untuk Menghindari Penyakit

Para pria memiliki potensi besar mengidap sejumlah penyakit kronis karena gaya hidup atau gen. Untuk terhindar dari risiko berbagai penyakit, Anda dapat mengikuti berbagai tips kesehatan pria yang meliputi: melakukan berbagai variasi olahraga, memeriksa kesehatan mental, hingga cukup istirahat.