06 Oct 2019, 11:59Infeksi

Sakit kepala dan demam, bagaimana cara mengatasinya?

NP
Info Penanya: NP, Wanita, 19 Tahun
Dok kalo sakit kepala setelah ngetonjok ,dan sampe demam kkenapa yah dan harus gmn?sakit kepalanya ga ilang ilang nyut nyutannya
79958 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Andre Zaini
(0)
Selamat sore, NPTerima kasih atas pertanyaannya.Demam dan sakit kepala adalah gejala yang sering dialami berbagai macam penyakit. Dari yang ringan seperti flu dan alergi atau bisa juga infeksi berat. Kadang nyeri kepala bisa dipicu oleh demam. Demam terjadi saat tubuh melawan suatu infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur atau parasit. Beberapa penyebab dari demam :
  • Influenza yang disebabkan virus akan menimbulkan demam dan nyeri kepala. Bisa juga terjadi peradangan, pembengkakan dan terkumpulnya cairan di hidung dan sinus yang mengakibatkan bertambahnya sakit kepala.
  • Alergi terhadap debu, bulu binatang atau serbuk tanaman bisa menimbulkan nyeri kepala tipe sebelah (migrain) atau sinus. Bila disertai infeksi virus atau bakteri dapat juga menimbulkan demam.
  • Infeksi bakteri di saluran napas, saluran kencing atau area lain bisa mengakibatkan demam. Bakteri juga bisa masuk melalui luka atau gigi berlubang. Bisa sampai terjadi penyebaran ke seluruh tubuh dan mengakibatkan infeksi serius. Gejala awal dari meningitis adalah demam dan sakit kepala. Infeksi serius ini terjadi ketika kuman sudah mencapai otak atau sumsum tulang. Paling sering diakibatkan virus namun bisa juga akibat bakteri atau jamur.
  • Paparan panas terlalu lama juga bisa mengakibatkan keluhan demam dan nyeri kepala. Dan bila tidak diatasi dengan segera dapat mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh yang lain. Selain itu ada juga akibat efek samping dari obat atau vaksinasi.
Untuk mengatasinya sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter karena infeksi bakteri memerlukan antibiotik. Serta bila diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti laboratorium darah atau air seni. Beberapa terapi yang bisa dilakukan di rumah adalah istirahat yang cukup, banyak minum air hangat, kompres di mata, wajah dan leher, mandi air hangat atau makan sup hangat. Saya lampirkan juga artikel mengenai cara menurunkan panas secara alami.Salam sehat,dr. Andre Zaini
demaminfeksi bakteriinfeksi jamurinfeksi virussakit kepalaparasit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil