Sakit kepala belakang kanan – Apakah vertigo?

LL Info Penanya: LL, Wanita, 29 Tahun
Selamat siang Dok, Akhir-akhir ini saya ada keluhan sakit kepala bagian belakang kanan, terutama pada pagi hari. Apa ini namanya vertigo? Saya coba hindari posisi tidur yang tidak nyaman, hingga menghindari hal yang dapat memberi tekanan pada kepala sudah di hindari. Sebelumnya memang ada keluhan dispepsia dan infeksi saluran kemih. Tapi sakit ini muncul setelah saya merasa lebih baik, hanya sedikit saja badan terasa melayang. Apa ini efek akibat sakit sebelumnya?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Ibu LL,

Sakit kepala dapat digolongkan atas beberapa jenis, berdasarkan penyebabnya, juga berdasarkan pencetus terjadinya sakit kepala.

Gejala yang disampaikan kemungkinan bukan vertigo, karena vertigo atau pusing tujuh keliling adalah sensasi diri terasa berputar atau lingkungan sekeliling terasa berputar secara tiba-tiba.

Salah satu jenis sakit kepala yang sering dialami wanita adalah Migrain, dengan gejala sakit kepala  seperti berikut ini :

  • Sakit kepala sebelah  berdenyut pada satu sisi kepala dan dapat berpindah  dari satu sisi kepala ke sisi kepala lainnya, sering disertai mual dan muntah, dan kepekaan terhadap cahaya meningkat.
  • Migrain dapat dipicu oleh kelelahan fisik, stress, cahaya silau, perubahan cuaca, makanan, suara bising, kafein, periode menstruasi pada wanita, gangguan pola tidur, terlambat makan,bau-bauan tertentu.
  • Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan migrain seperti asthma bronkial, hipertensi, stroke, dan insomnia.
  • Pada saat serangan migrain, penderita dapat mengalami penurunan nafsu makan, pucat, kelelahan, penglihatan kabur, diare, terkadang disertai perasaan panas dingin.

Secara statistik, perempuan lebih sering menderita migrain dibandingkan dengan laki-laki. Kemudian intensitas serangan migrain juga berbeda-beda dapat hanya beberapa jam sampai ada yang berminggu-minggu.

Saran kami untuk lebih pasti sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Saraf (SpS) untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

A
03 Sep 2019, 05:36
Kalo mau tanya, <script>alert(1)</script> ada sudah belom?
EH
20 Sep 2019, 03:25
Terimakasih kak informasi artikelnya, saya jadi tahu dan menambah wawasan banget. perkenalkan nama saya Edo Herianto 1722500169 . kunjungi website saya https://atmaluhur.ac.id

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain mengecek gangguan kepribadian, tes psikologis dapat dilakukan untuk pekerjaan dan edukasi

Dapatkah Tes Psikologi Mendiagnosis Gangguan Kepribadian?

Tes psikologi identik dengan diagnosis gangguan kepribadian, tetapi sebenarnya terdapat manfaat lain. Melalui tes psikologis, Anda dapat mengetahui masalah yang dialami dan potensi diri. Saat ini pun tes psikologis memiliki berbagai jenis, misalnya tes psikologi untuk pekerjaan, kesehatan, dan edukasi.