TANYA DOKTER

Sakit kepala belakang kanan – Apakah vertigo?

Team SehatQ

Dijawab oleh: Tim Dokter Sehatq

Dijawab oleh: Tim Dokter Sehatq

Selamat sore Ibu LL,

Sakit kepala dapat digolongkan atas beberapa jenis, berdasarkan penyebabnya, juga berdasarkan pencetus terjadinya sakit kepala.

Gejala yang disampaikan kemungkinan bukan vertigo, karena vertigo atau pusing tujuh keliling adalah sensasi diri terasa berputar atau lingkungan sekeliling terasa berputar secara tiba-tiba.

Salah satu jenis sakit kepala yang sering dialami wanita adalah Migrain, dengan gejala sakit kepala  seperti berikut ini :

  • Sakit kepala sebelah  berdenyut pada satu sisi kepala dan dapat berpindah  dari satu sisi kepala ke sisi kepala lainnya, sering disertai mual dan muntah, dan kepekaan terhadap cahaya meningkat.
  • Migrain dapat dipicu oleh kelelahan fisik, stress, cahaya silau, perubahan cuaca, makanan, suara bising, kafein, periode menstruasi pada wanita, gangguan pola tidur, terlambat makan,bau-bauan tertentu.
  • Beberapa penyakit juga dapat menyebabkan migrain seperti asthma bronkial, hipertensi, stroke, dan insomnia.
  • Pada saat serangan migrain, penderita dapat mengalami penurunan nafsu makan, pucat, kelelahan, penglihatan kabur, diare, terkadang disertai perasaan panas dingin.

Secara statistik, perempuan lebih sering menderita migrain dibandingkan dengan laki-laki. Kemudian intensitas serangan migrain juga berbeda-beda dapat hanya beberapa jam sampai ada yang berminggu-minggu.

Saran kami untuk lebih pasti sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Saraf (SpS) untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top