16 Aug 2020, 09:33Kepala

Sakit kepala bagian belakang setelah beberapa bulan pernah terbentur

TS
Info Penanya: TS, Pria, 20 Tahun
Selamat pagi dok, saya punya keluhan sakit kepala bagian belakang yang tidak hilang selama 3 hari belakangan. Beberapa minggu sebelumnya saya sudah merasakan gejala sakit kepala yang datang tiba-tiba dan hilang begitu saja disertai rasa pusing dan kadang keseimbangan tubuh yang tidak baik. Setelah saya ingat-ingat kembali kepalaku pernah terbentur beberapa bulan yang lalu tepat dibagian belakang. Kejadiannya bukan hanya sekali tapi pernah beberapa kali dalam kurun waktu yang cukup berjarak.
3789 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat malam, TS.Sakit kepala merupakan keadaan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan kondisi medis. Dalam dunia medis sakit kepala terbagi menjadi dua kategori yakni sakit kepala primer dan sekunder. Sakit kepala primer terjadi karena masalah pada struktur sensitif kepala dan jenisnya berupa sakit kepala tegang, migrain dan cluster. Sedangkan sakit kepala sekunder terjadi akibat kondisi medis lainnya yang mendasari.

Beberapa faktor dan kondisi medis yang dapat menyebabkan sakit kepala sekunder, antara lainnya ialah :

  • cedera kepala atau riwayat trauma
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • tumor
  • gangguan pada piringan sendi tulang belakang
  • infeksi
  • adanya gangguan pada rongga sinus
Mengenai sakit kepala yang Anda alami, mungkin berupa sakit kepala sekunder akibat benturan kepala yang pernah dialami namun hal ini belum dapat dipastikan. Pasalnya perlu terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan seperti CT-Scan atau MRI kepala untuk memastikan ada atau tidaknya cedera pada bagian kepala akibat riwayat taruma yang pernah dialami. Jika tidak ditemukan cedera maka mungkin sakit kepala yang dialami disebabkan oleh sakit kepala primer. Untuk itu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter Spesialis Saraf agar dapat diketahui dengan jelas.Semantara Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas diapotek dan mengonsumsi vitamin B kompleks untuk mengurangi nyeri kepala yang dirasakan.Salam sehat, dr. Rahmita Dewi 
sakit kepalacedera kepalaminor head trauma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil