Sakit kepala bagian belakang

T Info Penanya: T, Wanita, 2019 Tahun
Dokter , saya akhir-akhir ini sering sakit kepala pada bagian belakang. Sakit ini terjadi secara acak. Kadang muncul , kadang hilang. Dok, sakit kepala seperti ini apakah dapat menyebabkan penyakit lain? Apakah anemia juga berpengaruh pada sakit kepala dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam T

Kondisi sakit kepala pada bagian belakang umumnya disebut sebagai cephalgia type tension. Sensasi nyeri kelapa biasanya di kepala bagian belakang seperti tertusuk dan terikat tegangan hingga kepunggung. Pada kondisi seperti ini biasanya terjadi saat stress, beban kerja lebih, kurang tidur.

Kondisi sakit kepala lain juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti tekanan darah tinggi, tinggi kolesterol, anemia, penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah otak dan tumor otak.

Yang perlu diwaspadai adalah jika nyeri kepala bersifat kronik lebih dari 1 bulan dan sering berulang, adanya kejang, penurunan kesadaran, kelemahan anggota gerak, pandangan kabur, hal tersebut dapat menjadi sinyal bahwa nyeri kepala disertai kelainan otak. 

Pada kondisi anemia juga dapat terjadi nyeri kepala, hal tersebut karena hemoglobin lebih rendah sehingga tranport oksigen  keseluruh tubuh termasuk otak jadi kurang optimal.

Untuk nyeri kepala saya sarankan anda untuk menghindari stress, perbanyak olahraga, minum air dan konsumsi buah. Segera konsultasikan diri anda dengan dokter spesialis saraf (Sp.S)

salam sehat

dr.Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit kepala belakang dapat disebabkan oleh kerusakan saraf dan radang sendi tulang belakang

Sakit Kepala Belakang? Ketahui 6 Penyebabnya!

Sakit kepala belakang adalah gangguan yang menimbulkan rasa berdenyut dan seperti ditusuk-tusuk di kepala bagian belakang. Kondisi ini dapat berlangsung 30 menit hingga satu minggu. Penyebab sakit kepala belakang beragam.