Sakit kepala akibat benturan keras, apakah berbahaya?

MI Info Penanya: MI
MLM dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MI,

Benturan keras pada kepala adalah salah satu kondisi yang perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan cedera kepala yang berbahaya. Tanda bahaya yang perlu diperhatikan ketika terjadi benturan keras di kepala diantaranya adalah sakit kepala hebat, pingsan, muntah, ada periode pingsan kemudian sadar dan pingsan kembali, keluar cairan dari hidung dan telinga, adanya memar di bawah mata dan di belakang telinga, dimana kondisi-kondisi cedera kepala ini perlu segera ditangani di rumah sakit terdekat.

Benturan kepala sendiri bisa terjadi karena beragam hal mulai dari terjatuh, kecelakan kendaraan, terpukul, terbentur benda tertentu dan lainnya. Yang paling sering terjadi apabila kepala terbentur adalah rasa sakit di area yang terbentur, sakit kepala, timbul memar atau benjolan yang disebut dengan hematoma dan gejala lain. 

Untuk itu apabila timbul sakit kepala setelahnya dapat dilakukan beberapa upaya seperti mengompres bagian yang terbentur dengan kompres dingin, mengonsumsi paracetamol untuk meredakan nyeri, istirahat dengan kepala lebih tinggi dari badan untuk mencegah tekanan pada kepala dan segera periksakan jika sakit kepala menetap atau dirasa benturan keras.

Nantinya dokter atau dokter spesialis saraf akan melakukan pemeriksaan baik wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan yang diperlukan seperti foto rontgen, pemindaian dengan CT scan dan pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berhubungan seksual dengan pasangan dapat menjadi solusi untuk mengatasi migrain

Benarkah Berhubungan intim Bisa Jadi Cara Mengatasi Migrain?

Migrain yang kambuh menjadi suatu permasalahan yang menyulitkan. Namun, riset menunjukkan bahwa berhubungan intim dapat menjadi cara mengatasi migrain serta mampu meningkatkan hasrat seksual atau libido.