Pemasangan KB spiral apakah harus saat menstruasi?

LK Info Penanya: LK
Dok saya mau pasang spiral tetapi sruh dalam keadaan mens sdangkan saya ga mens² soalnya saya lagi mnum obat jantung dok Bagaimna dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LK,

KB spiral adalah salah satu metode kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Kelebihan dari KB spiral sendiri adalah hanya perlu dipasang 1 kali tetapi bisa digunakan selama 3-5 tahun. Untuk kembali hamil juga tidak memerlukan waktu lama setelah KB spiral dilepas.

Sebenarnya untuk pemasangan KB spiral sendiri tidak harus saat menstruasi dimana pemasangan saat menstruasi sendiri bertujuan agar mulut rahim lebih terbuka dan lebih mudah memasukan alat KB spiral tersebut.

Apabila saat ini mengalami kondisi amenorea atau tidak menstruasi, ada baiknya bisa berkonsultasi pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk pemilihan metode kontrasepsi yang cocok dan jika menggunakan KB spiral pun tetap bisa dipasangkan meskipun tidak dalam keadaan menstruasi.

Beberapa pilihan metode kontrasepsi lain diantaranya adalah:

  • Kondom
  • KB implan
  • Pil KB
  • KB suntik
  • Kontrasepsi mantap jika usia lebih dari 35 tahun ataupun sudah memiliki cukup anak dan tidak lagi berencana memiliki tambahan anak

Komunikasikan juga dengan pasangan apakah ada rencana untuk menambah momongan dalam waktu dekat agar penggunaan metode KB bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda saat ini. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.