19 May 2020, 22:19Penyakit Lainnya

Sakit gusi dan mengalami gerd

SA
Info Penanya: SA0
Salam dr, ibu saya baru terkena gerd dan kadang kadang gusi bagian kanan belakang itu terasa sakit. Apa gerd dan sakit gusi ada hubungannya? Dan bagaimana cara mengatasi rasa sakitnya karena kadang sangat sakit sekali
24788 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SA,Sakit gusi adalah masalah yang timbul akibat beberapa penyebab. Tidak jarang sakit gusi bisa bersamaan dengan sakit gigi yang bisa juga menimbulkan gusi bengkak dan bernanah. Beberapa penyebab sakit gusi diantaranya adalah:
  • Adanya sisa makanan disekitar gigi dan gusi
  • Adanya gigi yang berlubang
  • Masalah karang gigi
  • Peradangan gusi
  • Infeksi gusi dan mulut
  • Kekurangan vitamin B dan C
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Iritasi gusi karena makanan dan minuman tertentu, produk pasta gigi, obat kumur
Radang gusi sendiri tidak berkaitan langsung dengan GERD, tapi apabila memiliki GERD dan sering terjadi peningkatan asam lambung, bisa membuat suasana mulut asam dan menjadi mudah iritasi dan luka. Jadi jika memiliki GERD perlu diobati dan dikelola dengan baik.Jika memiliki GERD, harus lebih memperhatikan asupan makan agar tidak mengiritasi lambung, perbaiki pola makan dengan makan sedikit tapi lebih sering, hindari merebahkan diri atau tiduran 1-2 jam setelah makan, hindari obat pereda nyeri tanpa anjuran dokter.Untuk meredakan nyeri gusi bisa dilakukan beberapa cara seperti, membersihkan rongga mulut dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, perbanyak minum air putih, berkumur dengan cairan antiseptik atau obat kumur, jaga asupan makan, konsumsi buah dan sayur atau suplemen multivitamin dan periksakan diri pada dokter gigi jika tidak membaik. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan mulutmasalah pencernaangerdradang gusi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil