Sakit gondongan 2 mingguan kadang masih bengkak dan nyeri? Sudah minum obat selama 1 bulan apakah berbahaya?

TK Info Penanya: TK, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya saya sakit gondongan sudah 2 mingguan sudah mulai pulih namun sekarang masih ada pembengkakan di bawah pipi leher kiri dan ada benjolan dikit kalo saya makan yang gurih gurih kerasa banget bengkak nya sakit lagi tapi kalo saya tidak makan yg gurih agak mendingan tapi tetap di bantu dengan obat agar tidak sakit. Kalo lupa minum obat beberapa hari pasti bengkak lagi. Saya mau tanya apakah itu gondongan nya belum sembuh betul atau apakah itu amandel ? Bahayakah ? Karena saya dikasih obat golongan methymprednisolon 4 mg tapi kalo minum terus itu sudah 1 bulan lebih amankah ? Karena kalo tidak minum itu masih terasa sakitnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, TK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sebaiknya obat yang anda minum distop dan diganti dengan obat nyeri yang dijual bebas. Karena penggunaan obat steroid dalam jangka panjang tidak dianjurkan dan bisa memberi efek samping pada lambung. Gondongan sendiri disebabkan oleh virus dan kadang memerlukan waktu agar bengkaknya berkurang. Sehingga Anda masih perlu melakukan pencegahan agar keluhannya tidak semakin berat. Seperti pada artikel mengenai pantangan gondongan.

Setelah 2 minggu biasanya fase infeksi virusnya sudah dilewati dan gondongan sudah tidak menular, Namun untuk bengkaknya bisa masih ada dan mempengaruhi organ sekitarnya termasuk kerongkongan dan rahang Anda. Jadi masih ada pantangan jenis makanan yang bisa Anda makan. Dan Anda juga perlu istirahat yang cukup agar kondisi badan bisa kembali fit. Makanan pedas termasuk makanan yang masih perlu dihindari. Bila penggunaan obat nyeri yang dijual bebas, keluhannya belum berkurang. Ada baiknya Anda kontrol kembali dengan Dokter Anda untuk evaluasi lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.