15 Feb 2021, 06:47Gigi & Mulut

Sakit gigi yang berkelanjutan, bagaimana solusinya?

D
Info Penanya: D0
Sudah hampir 2 bulan sering sakit gigi karena bagian belakang gigi sebelah kiri sudah lubang. Telinga dan bagian leher sebelah kiri juga terasa nyeri. Meminum obat hanya meredakan sakit sementara kemudian kembali sakit lagi. Pagi ini pas bangun tidur terasa sakit gigi yang amat sakit. Serta dicek ternyata gigi yang lubang sudah berdarah. Mohon tanggapan dan solusinya ??
96 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, D.Sakit gigi adalah kondisi ketika timbulnya rasa nyeri pada gigi. Penyebab paling sering kondisi ini adalah karena gigi yang berlubang, dan lubangnya sudah cukup dalam hingga mengenai persarafan gigi. Nah, perlu diketahui bahwa saraf gigi berhubungan dengan saraf kepala, mata, telinga, dan leher; sehingga mungkin saja area tersebut juga terasa nyeri.Apabila memang sakit giginya disebabkan oleh gigi berlubang, maka satu-satunya cara untuk meredakannya secara permanen adalah dengan melakukan tindakan medis, yang bisa berupa:
  • penambalan gigi
  • perawatan saluran akar
  • pencabutan gigi
Tapi, tindakan tersebut tidak boleh dilakukan ketika gigi masih sakit. Untuk itu, yang kini bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi obat antinyeri. Anda dapat membeli beberapa obat antinyeri yang dijual bebas, seperti parasetamol atau ibuprofen 200 mg. Tetapi, apabila obat tersebut tak mampu meredakan rasa sakit, Anda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter melalui chat guna diberikan antinyeri yang termasuk golongan obat keras.Anda juga dapat mencoba cara alami untuk meredakan sakit; misalnya dengan berkumur air garam, mengompres pipi dengan handuk dingin, atau menggigit minyak cengkeh yang dibalurkan ke kapas.Ketika nanti rasa sakit sudah mereda, segeralah berkonsultasi kepada dokter gigi agar dapat segera dilakukan tindakan medis yang sesuai. Nah, untuk mengetahui tindakan apa yang tepat bagi gigi Anda, perlu dilihat langsung terlebih dahulu, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil