Kenapa sakit gigi setelah ditambal?

WR Info Penanya: WR, Pria, 18 Tahun
Assalamualaikum dok,Saya mau bertanya dan minta saran. Kan gigi saya bagian depan patah udah lama hampir 10 tahun, dan sekarang udah 3bulan gigi yang patah tadi ditambal, baru 1 hari saya ganti tambalanya tetapi sekarang malah kerasa sakit luar biasa dok? kenapa ya dok? Minta sarannya dong?terimakasih sebelumnya.Wassalamualaikum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WR,

Penambalan gigi adalah salah satu cara mengatasi masalah gigi berlubang. Apabila setelah dilakukan penambalan lalu timbul rasa nyeri bisa terjadi karena beberapa hal seperti:

  • Adanya gangguan persaraf gigi
  • Adanya infeksi ataupun gangguan di saluran akar
  • Gangguan pembuluh darah
  • Masalah gigi lainnya

Untuk itu jika nyeri hebat ada baiknya kembali memeriksakan gigi dimana untuk sementara bisa konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen, kompres gigi yang nyeri dengan es atau air dingin, berkumur obat kumur dan hindari makanan yang memicu sakit gigi seperti makanan yang keras, terlalu dingin ataupun terlalu panas.

Nantinya akan dilakukan evaluasi dari tambalan gigi tersebut apakah perlu dibongkar, dilakukan perawatan saluran akar ataupun penanganan lainnya sampai pencabutan gigi jika diperlukan. 

Tambalan gigi sendiri bisa merupakan tambalan sementara ataupun tambalan tetap. Jadi segera periksakan pada dokter gigi kembali jika keluhan semakin nyeri dan mengganggu. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fluoride adalah mineral yang bermanfaat untuk gigi dan sering dicampurkan dalam produk pasta gigi

Fluoride untuk Kesehatan Gigi: Manfaat dan Kontroversinya

Fluoride adalah mineral yang dikenal baik untuk gigi. Mineral ini diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Apabila berlebih, risiko efek samping pun bisa terjadi. Kenali manfaat dan efek samping fluoride.