12 Sep 2021, 18:29Gigi & Mulut

Bagaimana agar gigi berlubang tidak sakit?

OO
Info Penanya: OO0
Halo dok,saya orizzahratushitaumur saya 18 tahun...gimana cara mengatasi Gigi geraham atas yg krowok Gimana ya dok, cara mengobatinya agar tidak sakit?.
262 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, OTerima kasih atas pertanyaannya.Masalah paling banyak di gigi salah satunya gigi berlubang.  Gigi berlubang ini sifatnya bertahap, jadi awalnya lubang akan muncul sedikit, lalu lama-lama akan semakin membesar, pada kondisi ini mungkin belum ada rasa sakit sehingga sering diabaikan.  Namun karena dibiarkan inilah akhirnya timbul tumpukkan bakteri sehingga menjadi infeksi gigi dan gusi berkelanjutan.  

Tips sementara dalam mengatasi sakit berlubang agar tidak sakit :

  • Sikat gigi dua kali sehari atau setiap selesai makan, lalu gunakan juga benang gigi agar memastikan tidak ada sisa makanan yang tersisa. 
  • Kumur dengan air garam atau obat kumur. 
  • Hindari makanan yang terlalu manis, tinggi garam, terlalu asam, terlalu dingin atau panas, keras, mengandung pemanis buatan dan pengawet, serta berkafein. 
  • Perbanyak minum air putih. 
  • Konsumsi obat pereda nyeri sejenis parasetamol tiga kali sehari setelah makan. 
Gigi berlubang yang sakit ini tanda sudah timbul infeksi lanjutan pada gigi ataupun gusi sehingga penanganannya harus di selesaikan dari penyebab gigi yang berlubang tersebut, apakah perlu ditambal atau perawatan akar karena jika tidak, sakit akan terus menerus kambuh.  Untuk itu segera periksa dokter gigi untuk penanganan lanjutan.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil