21 Apr 2021, 06:30Gigi & Mulut

Sakit gigi setelah ditambal ulang, apa sebabnya?

OD
Info Penanya: OD0
Dok saya mau tanya .. 1 tahun lalu saya tambal gigi dan tambalan saya mengalami kebocoran dan menimbulkn rasa sakit jadi 2 hari yang lalu saya kembali lagi untuk menambal ulang . Tapi kenapa ya sekarang terasa sakit dan ngilu ..apa akibatnya ?
84 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore ODTambalan gigi yang lepas atau pecah bisa dikarenakan mengunyah makanan keras, rapuhnya gigi atau penambalan gigi yang kurang tepat. Lepasnya atau pecahnya tambalan gigi ini menjadi jalan masuk baktei untuk kembali menginfeksi bagian dalam gigi. Kerena infeksi tersebut akhirnya menyebabkan sakit gigi yang sangat mengganggu.

Gigi Sakit Setelah Ditambal

Untuk mengatasinya adalah dengan membongkar tambalan tersebut kemudian gigi dibersihkan hingga steril dan dilakukan penambalan ulang. Tetapi biasanya disesuaikan dengan kondisi. Bila infeksi mengenai bagian saraf gigi tentunya harus dilakukan perawatan saraf gigi terlebih dahulu dengan memasukkan obat dan ditambal sementara beberapa kali hingga infeksi sembuh dan bersih kemudian baru ditambal permanen.Setelah penambalan gigi kemudian sakit ini seringnya karena infeksi yang mengenai saraf gigi, reaksi obat yang diberikan, tambalan yang mengganjal gigitan, atau cedera saat proses penambalan. Hal ini akan berangsur-angsur membaik dengan melakukan penanganan yang tepat.

Meredakan Sakit Gigi Setelah Ditambal

Untuk meredakannya anda bisa melakukan beberapa hal berikut:
  • Minum obat antinyeri yaitu paracetamol atau asam mefenamat 
  • Kompres dingin sisi yang sakit
  • Berkumur antiseptik mulut atau air garam 
  • Menyikat gigi dengan sikat gigi yang lembut
  • Tidak mengunyah pada bagian yang sakit
  • Hindari makanan keras atau membuka bungkusan dengan gigi
Apabila sakit terus berlanjut tanpa perbaikan, maka periksakan kembali ke dokter gigi untuk diberikan penanganan lebih lanjut.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil