27 Dec 2020, 20:29Gigi & Mulut

Bagaimana cara mengatasi sakit gigi pada gigi berlobang ?

NA
Info Penanya: NA0
Dok gigi geraham bawah saya berlubang, nah sebelum2nya itu ngak sakit, tapi pada saat itu saya coba untuk pakai mengunyah dan lansung sakit dok , sakitnya sampai ke telinga , saya sudah minum obat cetaflam, ampicilin dan femistan dok tapi sakitnya tdk berhenti dok, Sampai sekarang sakitnya sudah 5 hari dok tdk sembuh2. Solusinya apa dok ?
215 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, N.Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang tidak hanya menyerang gigi, namun rasa nyeri yang ditimbulkan dapat menjalar ke kepala, telinga, leher bahkan penderitanya menjadi lebih sensitif dan gampang emosi. Rasa sakit yang hilang timbul, dan memberat terutama saat mengkonsumsi makanan terlalu panas atau dingin serta makanan keras yang masuk pada gigi berlubang.

Bagaimana cara mengatasi sakit gigi pada gigi berlobang ?

Pengobatan suatu penyakit bukan hanya dengan meminum obat untuk menghilangkan gejala seperti yang Anda lakukan, tetapi penyebab yang ada harus segera diatasi. Obat yang Anda minum yaitu cataflam dan femistan merupakan obat anti nyeri yang dapat mengurangi rasa nyeri yang Anda alami. Sedangkan ampicillin adalah antibiotik yang dapat mengobati infeksi bakteri. Penggunaan obat-obatan ini seharusnya menggunakan resep dari dokter dan sesuai indikasi medis. Karena penggunaan obat-obatan yang salah, dapat menimbulkan reaksi alergi dan resistensi antibiotik. Walau Anda sudah mengkonsumsi obat, namun gejala masih tetap Anda, ini dikarenakan penyebabnya belum teratasi dengan tuntas. Untuk itu sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi. Gigi berlobang harus dibersihkan atau ditambal sesuai dengan besarnya lobang. 

Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut ?

Selain obat-obatan dan tindakan terhadap gigi berlobang yang dilakukan oleh dokter gigi, Anda juga harus selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, antara lain dengan menyikat gigi secara teratur saat bangun tidur dan sebelum tidur, berkumur dengan larutan antiseptik untuk mulut sebanyak 1 kali dalam sehari, hindari kebiasaan menusuk gigi, ganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali, bersihkan karang gigi tiap 6 bulan. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan gigibau mulutgigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil