Sakit gigi walaupun sudah ditambal, apa penyebabnya?

NF Info Penanya: NF, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dokSaya baru aja ditambal kmrn tp pasca ditambal sampe hari ini sakitnya kok g hilang2 padahal sdh minum obat dr dokterRasanya nyut2 an smpe kepalaMulut pun bengkakYg ditambal gigi bawah bagian paling belakangTerimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NF.

Sakit gigi yang terjadi saat sudah ditambal bisa disebabkan oleh rusak, patah, atau bocornya tambalan. Hal tersebut dapat terjadi ketika ada benturan saat mengunyah makanan keras, atau kondisi infeksi lain pada rongga mulut. Selain itu, rasa sakit juga bisa timbul dari gigi lain yang berlubang, dimana lokasinya dekat dengan gigi yang sudah ditambal.

Untuk sementara, ringankan rasa nyeri dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Berkumur dengan air garam, akan lebih baik hangat
  • Mengompres pipi dengan handuk dingin
  • Mengonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter secara teratur; dan apabila belum ada obat nyeri, Anda dapat membeli obat analgesik yang dijual bebas seperti parasetamol

Apabila dalam tiga hari ke depan nyeri tak kunjung berkurang, atau disertai bengkak yang semakin parah, ada baiknya Anda berkonsultasi kembali ke dokter gigi yang menangani. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan ulang pada gigi dan mulut Anda, agar dapat diketahui penyebab pasti dari keluhan Anda. Setelah itu, Anda akan diberikan terapi yang sesuai, baik berupa tindakan atau obat-obatan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mencabut gigi anak di rumah yang benar bukanlah dengan benang

Jangan Sembarangan, Ini Cara Mencabut Gigi Anak di Rumah yang Benar

Menyangkutkan benang ke pintu bukanlah cara mencabut gigi anak di rumah yang benar. Ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan dengan baik sebelum Anda mencabut gigi susu anak agar lepasnya gigi ini tidak mengganggu pertumbuhan gigi permanen setelahnya.