26 Jul 2020, 00:59Gigi & Mulut

Apakah tindakan yang bisa dilakukan untuk gigi yang berlubang?

SU
Info Penanya: SU, Pria, 18 Tahun
Permisi dok. Mau tanya. Ini saya sudah seminggu lebih sakit gigi. Sakit gigi nya itu ngga sakit kayak biasanya yang udah saya alami. Gigi geraham saya mengalami lubang nya sedang. Nah sakit nya itu nyeri nya hebat banget. Air garam hangat tidak ketolong begitu juga paracetamol juga ngga kunjung reda. Bagaimna solusi nya dok. Apakah dicabut?
8804 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertaanyaan AndaMempunyai gigi yang rapi, bersih, putih dan kuat adalah idaman setiap orang baik pria maupun wanita di segala usia terlebih  sejak usia remaja hingga dewasa. Selain karena berfungsi saat mengunyah makanan dan berbicara, gigi juga mempengaruhi estetika dan percaya diri seseorang. Gejala yang muncul pada gigi yang berlubang diantaranya adalah adanya bercak abu-abu atau kehitaman pada gigi, gigi sensitif, adanya bau mulut, adanya lubang pada gigi, gigi terasa sakit, adanya peradangan pada gusi, dan lain sebagainya. Tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang tergantung pada keparahan kondisi kerusakan gigi.

Adapun beberapa tindakan tersebut diantaranya adalah:

  • Kerusakan pada lapisan luar gigi: dokter gigi akan melakukan pemberian gel atau pasta yang berflouride untuk melinduungi gigi
  • Kerusakan mengenai lapisan enamel gigi: dokter gigi akan melakukan penambalan
  • Kerusakan mengenai akar gigi: dokter gigi akan melakukan perawatan saluran akar 
  • Kerusakan parah: dokter gigi akan mencabut gigi
Terkait dengan keluhan Anda apabila sudah mengonsumsi obat untuk meredakan rasa nyeri dan juga melakukan berkumur dengan air garam namun belum juga membaik dan nyeri dirasakan sudah lebih dari 3 hari, sebaiknya segeralah periksakan diri Anda ke dokter gigi terdekat agar dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai.Usahakan untuk tetap menggosok gigi seusdah makan dan sebelum tidur, gunakan sikat gigi dan pasta gigi yang sesuai, konsumsi makanan sehat dan bergizi, perbanyak sayur dan buah, serta jaga kebersihan rongga mulut.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil